Career Fair di Unesa Beri Peluang Kerja Lulusan

mepnews.id – Subdirektorat Layanan Bimbingan Konseling dan Karir, Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan Career Fair 2023 dengan tema ‘Accelerated Indonesia Emas: Exploring Career Opportunities and Innovation with Career Center UNESA’ di Gedung Serbaguna, Kampus Ketintang, pada 27 Oktober 2023. Kegiatan yang bekerja sama dengan Jobfair.co.id, BEM Vokasi, dan 36 perusahaan plus 10 UMKM ini bertujuan mendekatkan mahasiswa dan alumni dengan peluang pekerjaan dan karir.

Kasubdit Layanan Bimbingan Konseling dan Karir, Muhammad Farid Ilhamuddin SPd MPd, menyatakan acara ini membantu alumni untuk cepat mendapatkan pekerjaan dan mempersingkat waktu mendapatkan pekerjaan. “Acara diadakan setelah wisuda agar setelah mereka diwisuda dan mendapat ijazah segera bisa mendapatkan pekerjaan.”

Career Fair ini baru pertama kali diadakan secara offline pasca-pandemi. Kolaborasi dengan JobFair.co.id dilakukan karena partner perusahaan sudah terbilang banyak. “Agar tepat sasaran, perusahaan yang disediakan bisa sesuai dengan profil lulusan Unesa,” papar dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) itu.

Dikabarkan situs resmi unesa.ac.id, kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin. Perusahaan-perusahaan yang diajak kerja sama siap melakukan interview dan siap menjadikan lulusan Unesa sebagai bagian dari sumber daya manusia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof Dr Madlazim MSi, menuturkan Unesa memiliki tanggung jawab mengantarkan lulusannya mengenal dunia kerja dan industri, memberi pelatihan kepada mahasiswa mengenai kewirausahaan, sehingga tidak hanya mencari pekerjaan tetapi juga menciptakan pekerjaan. Hal ini sejalan dengan visi Unesa sebagai PTN-BH untuk menjadikan universitas pendidikan yang tangguh, adaptif, inovatif, dan berbasis kewirausahaan.

Benny Budhijanto, owner B’Concept and Business Development, menyampaikan tips pengembangan diri dalam dunia kerja. “Kembangkan ide usaha, tambah skill, dan berdiskusi dengan orang yang berpengalaman di bidangnya. Era sekarang ini, mental health sangat mempengaruhi produktivitas bekerja. Diperlukan keberanian dan keyakinan pada kemampuan diri sendiri, juga fokus pada tujuan dengan melakukan kebiasaan positif,” ucapnya. (Rafa Afifa/Diana)

Facebook Comments

Comments are closed.