18 Buku Diluncurkan di Kajian Ramadan UMM

mepnews.id – Luar biasa. Sebanyak 18 buku karya anggota Muhammadiyah diluncurkan pada agenda Kajian Ramadan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah malang (UMM) pada 25 Maret 2023. Buku-buku itu hasil jerih payah tulisan sederet tokoh tingkat wilayah maupun daerah. Tulisan-tulisan dari daerah berfokus pada sejarah bagaimana Muhammadiyah berdiri dan berkembang di sana.

Ada trilogi karya Nazaruddin Malik yakni; Connected Leadership, dan Execution, serta Collaboration. Ada juga Senyummu Senyumku Juga karya Nur Cholis Huda. Ada juga Jeda Sebuah Rasa karya Arunika. Juga ada sederet sejarah Muhammadiyah di berbagai daerah.

Nur Cholis Huda menyampaikan, tradisi menulis sangat hidup di PWM Jatim. Banyak buku yang diluncurkan pada kajian Ramadan setiap tahunnya. Namun, yang menarik dan berbeda di tahun ini, semua tulisan berfokus pada sejarah Muhammadiyah di berbagai kota dan kabupaten.

“Ada gerakan menulis sejarah lokal Muhammadiyah yang digalakkan di lebih dari 30 daerah. Lima belas di antaranya sudah rampung ditulis dan diluncurkan hari ini. Mudah-mudahan PDM-PDM lain bisa menyusul untuk segera terbit,” kata ia, sebagaimana dikutip situs resmi umm.ac.id

Dalam bukunya, Cholis menuliskan berbagai potongan peristiwa singkat yang dilakukan para pemimpin. Mulai dari para Khufaur Rosyidin hingga tokoh-tokoh nasional. Di dalamnya juga berisi inspirasi yang bisa digunakan dan diterapkan dalam kehidupan. Misalnya kisah Utsman bin Affan yang amal jariahnya 14 abad lalu berupa sumur tetap mengalirkan pahala dan harta sampai sekarang.

Connected leadership yang digagas Nazaruddin juga menarik. Isinya membahas bagaimana mempraktikkan disiplin pengetahuan, belajar dan bekerja, serta berpikir kritis sekaligus rasa keingintahuan yang tinggi. Di dalamnya juga berisi apa sebenarnya mitos kepemimpinan, alasan mengapa harus mempelajari kepemimpinan dan lainnya.

Buku ini dilengkapi buku collaboration yang membahas menariknya topik kolaborasi, bagaimana bisa mencapai tujuan dengan bekerjasama dan lainnya. Sementara ketiga yakni executions membahas bagaimana mengeksekusi strategi, peningkatan kualiats eksekusi dan lain sebagainya. (*wil)

Facebook Comments

Comments are closed.