Berbagi Pakaian untuk Menjaga Lingkungan

mepnews.id – Industri pakaian merupakan penyumbang limbah terbesar kedua di dunia. Secara global, 92 juta ton limbah tekstil pakaian dihasilkan setiap tahun. Menurut temuan Changing Markets Foundation pada Juni 2021, industri pakaian memasok lebih dari 20 persen polusi air di dunia.

Dikabarkan situs resmi umm.ac.id, American Corner (Amcor) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama iLitterless mengadakan program Green Customer Day (GCD). Kegiatan donasi pakaian ini berlangsung 12-16 September 2022.

Ismail Ramadhani, Project Leader Amcor UMM, mengatakan program ini memiliki potensi besar dalam isu pembangunan berkelanjutan. Utamanya poin ke-12 yang memiliki target pola konsumsi dan produksi bertanggung jawab.

Program ini juga untuk menanggulangi permasalahan limbah dan lingkungan.

“GCD fokus mendorong pelajar dan mahasiswa lebih aware dengan isu-isu lingkungan. Apalagi mereka merupakan agent of changes yang seharusnya memiliki momentum serta resource apik, dan menarik minat publik untuk menyukseskan program terkait,” tutur Rama.

Founder iLitterless, Ence Adinda Dianasta Almas, mengatakan program ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya implementasi 3R yaitu; reduce, reuse, dan recycle. Sebelumnya, mereka berhasil mengumpulkan banyak sampah anorganik dan dipilah.

“Di tahun ini, GCD memiliki tiga rangkaian kegiatan. Salah satunya Waste2Recycle yaitu program donasi limbah tekstil untuk diolah kembali menjadi produk fashion seperti tote bag, shoulder bag ataupun bucket hat sebagai pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs) goal ke-12. Sebagai apresiasi atas partisipasi masyarakat, pada 28 September akan ada event ‘A Night in Hongdae’ menggandeng komunitas fashion di kota Malang sembari launching produk upcycle Waste2recycle,” kata Ence.

Ia berharap semakin banyak orang terutama anak muda memahami pentingnya pilah sampah dan menjadikannya sebagai habit atau lifestyle. Program waste2recycle diharapkan bisa menyadarkan masyarakat bahwa pemanfaatan limbah adalah salah satu solusi untuk memperpanjang masa pakai dari sebuah barang.

Direktur AmCor UMM, Ria Arista Asih, PhD, sangat mengapresiasi nilai positif program ini karena diinisiasi anak muda dan sasarannya anak muda. Titik pengumpulan donasinya juga di kampus serta beberapa cafe yang banyak didatangi anak muda.

“Saya juga berharap program ini lebih dirutinkan. Tidak hanya di bulan September. Saya juga berharap jangka waktu pengumpulannya lebih lama, sehingga lebih banyak pakaian yang didonasikan,” harap Ria.

Facebook Comments

Comments are closed.