depresi

Listrik Pembangkit Senyum

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – Kata komedian Charlie Chaplin, “Saya punya banyak masalah dalam hidup. Tapi bibir saya tidak tahu itu, karena selalu tersenyum.” Orang mengenal Chaplin sebagai bintang era 1910-an saat film masih hitam-putih dan tanpa suara. Dia bergabung dengan perusahaan Keystone Studios pada 1914, dan memperoleh ketenaran internasional sebagai komedian film pendek.

Read More

Sedang Depresi? Hmmm, Terapi Cium Saja

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – “Eh, apa bener terapi cium?” “Iya, bener.” “Cium siapa?” “Enak aja!  Kau bisa tambah depresi kalau salah cium orang!” …………. Pembaca yang budiman, indera penciuman punya banyak sekali manfaat bagi kesejahteraan mental kita. Mencium bau-baru tertentu bisa memicu respons emosional, seperti rasa nyaman, nostalgia, atau ketenangan. Bau tertentu juga

Read More

Mengapa Gen-Z Cenderung Gampang Cemas?

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – Ada sejumlah kabar yang kurang nyaman terkait anak-anak zaman sekarang. Gangguan kesehatan mental Generasi Z atau Gen Z di Indonesia meningkat hingga 200%. Krisis kesehatan mental menghantui Gen Z Indonesia. Wujudnya, terjadi beberapa kasus bunuh diri kaum muda antara lain di Yogyakarta dan Jakarta pada Desember 2023. Pembaca yang

Read More

Waspada, Saat Lansia Kehilangan Indera Penciuman

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – Saat kami kumpul keluarga musim liburan, salah satu tema obrolan tentu masalah kesehatan orang tua atau para sesepuh. Nah, topik yang kami bahas kebetulan tentang berkurangnya kepekaan indera penciuman. Pembaca yang budiman, apakah Anda juga berpengalaman dengan orang tua, kakek-nenek, buyut yang hidungnya kurang peka? Jika ya, itu juga

Read More

Cara Mengatasi Musim Liburan Kelam

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – “Lho, koq manyun?” saya menyapa seorang teman. “Gimana nggak manyun, saat akhir tahun, musim liburan, saya malah sibuk mikir tagihan yang jatuh tempo,” dia menjawab setengah cuek. “Waduh….” ……….. Pembaca yang budiman, akhir tahun memang musim liburan. Pemerintah sudah menetapkan jadwal libur bersama Natal dan Tahun Baru. Aktivitas bisnis

Read More

Holiday Stress; Saat Liburan, Malah Stress

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – “Mbak, aku di sini malah stress. Perut mules, nggak bisa tidur, kepikiran sana-sini….” begitu curhat teman yang sedang menyunyikan diri di kawasan wisata top. “Waduh, koq bisa? Kan harusnya kau bersenang-senang atau bersantai menikmati liburan akhir tahun?” “Di sini saya justru bertemu dengan orang yang bikin pusing…!” ……….. Pembaca

Read More

Telinga Berdenging, Tanda Apa?

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – “Shhh… Diam. Diam dulu. Sebentar saja…..,” tiba-tiba Trixie menempatkan jari telunjuk di depan bibirnya meminta saya berhenti ngobrol dengannya. Setelah hening sesaat, saya bertanya pada Trixie, “Eh, memang ada apa sih?” “Barusan ada bunyi lewat di dalam telingaku. Berdenging. Bukan dari luar, tapi ada di dalam. Sepertinya, ada tanda-tanda…..”

Read More

Daripada Obat Depresi, Mending Olahraga Lari

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – Pada 7-10 Oktober 2023 di Barcelona digelar Kongres ke-36 European College of Neuropsychopharmacology. Dalam pertemuan pakar syaraf dan kejiwaan ini, salah satu yang dibahas adalah pengobatan atas kecemasan dan/atau depresi. Terapi pakai obat atau non-obat. Nah, salah satu pembicaranya adalah Profesor Brenda Penninx dari Universitas Vrije, Amsterdam, Belanda. Ia

Read More

Waduh, Pemanis Buatan Juga Bisa Bikin Depresi

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – “Yang saya sukai adalah manisnya senyummu. Yang saya hindari adalah manisnya pemanis buatan.” Lho, kenapa? Ya, karena semakin banyak daftar masalah yang bisa timbul jika mengonsumsi pemanis buatan. Ada banyak produk pemanis buatan. Antara lain; Sakarin, Aspartam, Sukralosa, Acesulfame K, Steviol Glikosida, Neotame, Advantame, Cyclamate (ini sudah dilarang edar), Tagatose, dan

Read More

Warga Senior Perlu Hobi agar Tidak Depresi

Oleh: Esti D. Purwitasari mepnews.id – Ada teman curhat soal mertuanya yang ribut melulu. “Bapak belakangan suka pelihara burung. Di halaman belakang, ada kandang burung. Di depan rumah, beberapa kurungan nangkring. Tapi, emak sepertinya nggak suka. Emak ngeluh baunya lah, biaya pakannya lah, risiko dicuri maling lah. Macam-macam lah komplainnya. Hla, Bapak cuek saja.” “Hahaha,

Read More