Kembangkan Zona Integritas, Untirta Galakkan Turnitin

mepnews.id – Untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi dalam bidang karya tulis di lingkungan kampus demi integritas akademik serta tanggung jawab, Bidang Akademik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan sosialisasi dan penggunaan Turnitin pada 2 April 2024 di Ruang Multimedia, Kampus Sindangsari, Kabupaten Serang.

Turnitin adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengecek ‘kemiripan’ suatu karya ilmiah, skripsi, ataupun makalah. Perangkat lunak ini dapat mempermudah pengecekan plagiarisme. Turnitin dapat memproses file Microsoft Word (DOC, DOCX), Corel, WordPerfect, HTML, Adobe PostScript, Plain Text (TXT), Rich Text Format (RTF), Portable Document Format (PDF), Open Office (ODT), Hangul (HWP), dan PowerPoint (PPT).

Dikabarkan situs resmi untirta.ac.id, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Rusmana Ir MP mengatakan, Untirta ingin mengimplementasikan sistem PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) untuk kemajuan setiap program.

“Kita sedang membangun sistem zona integritas. Sekarang, itu terkait di publikasi. Turnitin sudah berjalan beberapa tahun lalu. Tahun ini, kapasitasnya dilipatgandakan dan harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Administrator Turnitin Untirta, Gerry Garnika SE MSi, mengungkapkan pengelolaan Turnitin di Untirta setiap tahun diperbaharui dan diharapkan pengelolaannya menjadi lebih baik lagi.

“Turnitin adalah alat untuk mencapai nilai integritas. Saya berharap masukkan konstruktif terkait kebutuhan itu sesuai dengan kondisi di masing-masing unit,” imbuhnya.(HI/TMA/AAP)

Facebook Comments

POST A COMMENT.