USU Gandeng Chiba University of Commerce

mepnews.id – Universitas Sumatera Utara (USU) menerima kunjungan perwakilan Chiba University of Commerce (CUC) Jepang sebagai tindak lanjut kesepakatan kerja sama yang telah terjalin antara kedua institusi. Takako Hashimoto PhD, Direktur International Center CUC, diterima di Ruang Audiensi Rektor, Gedung Biro Pusat Administrasi USU, pada 26 Maret 2024.

Wakil Rektor III USU, Prof Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi MSi Apt, mengungkapkan kunjungan Hashimoto untuk melanjutkan kerja sama kedua lembaga. Salah satu yang paling bisa dilakukan adalah  program summer course melibatkan pertukaran mahasiswa antara kedua universitas.

“USU menunjukkan minat besar, dengan rencana mengirim dua mahasiswa tahun 2024 sebagai langkah awal. Mahasiswa UUC juga ke sini mengikuti summer course kita,” kata Prof Poppy lewat situs resmi usu.ac.id.

USU memiliki visi yang sejalan dengan CUC dalam hal energi terbarukan di lingkungan kampus. Kedua institusi memiliki kesamaan pemahaman terhadap penilaian Times Higher Education (THE) Impact, yang menekankan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk dalam konteks energi terbarukan.

Takako Hashimoto menjelaskan, tujuan kunjungannya ke USU untuk mempromosikan dan memperkuat kerja sama antara kedua institusi, terutama dalam hal pertukaran mahasiswa dan dosen. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari budaya dan ekonomi Jepang, serta subkultur terkait melalui komunikasi dengan mahasiswa Jepang maupun mahasiswa internasional dalam bahasa Inggris.

“Kami memiliki kontrak antara Universitas Sumatera Utara dan Chiba University of Commerce. Saya ingin mempromosikan, memberdayakan, kolaborasi lebih banyak lagi, terutama pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen,” jelasnya.

Hashimoto menyatakan CUC melihat USU sebagai mitra kerja sama jangka panjang. Meski sempat terkendala pandemi COVID-19, kerja sama antara kedua universitas tetap berlanjut.

Facebook Comments

POST A COMMENT.