Mahasiswa STAIMAS Ikuti Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley, Begini Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

mepnews.id-Mahasiswa STAIMAS Wonogiri mengikuti Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley, 3 Februari 2024, di Kampus 2 STAIMAS Wonogiri. Hadir sebagai narasumber Pengurus STAIMAS Press, Ratih MPd, dengan moderator Sekprodi Prodi PAI, Maulana Iskandar SPd MPd.

Ratih menyampaikan, pelatihan Mendeley bertujuan membantu penyelesaian tugas akhir skripsi mahasiswa dalam memanajemen sumber referensi.

“Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu penulis serta masyarakat akademik lainnya untuk mengorganisir publikasi hasil penelitian, menulis skripsi, tesis, desertasi, serta berkolaborasi dengan peneliti lain secara online serta menemukan publikasi penelitian terakhir,” jelas Ratih di hadapan 50-an mahasiswa.

Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, berbagi data penelitian dan berkolaborasi antar sesama ilmuwan/peneliti dalam sistem jaringan komputerisasi.

Mendeley memiliki dua jenis. Mendeley dekstop dapat digunakan tanpa koneksi internet. Mendeley reference manager harus terkoneksi internet dalam penggunaannya. Beragam style dapat digunakan untuk membuat format footnote maupun bodynote.

“Tentunya pemilihan style referensi disesuaikan dengan aturan referensi yang ada di masing-masing kampus. Di samping itu, ada beberapa sumber penelitian yang tidak bisa dimasukkan ke Mendeley, semisal sumber dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Ketiga sumber itu merupakan instrumen pengumpulan data namun Mendeley tidak menyediakan menu dalam aplikasinya. Oleh karenanya, penulisan instrumen tersebut ditulis manual,” terang dosen Prodi PAI itu.

Materi terkait pelatihan adalah Instalasi & Menjalankan Mendeley, Menambahkan Library dalam Mendeley, Cara Melakukan Sitasi Mendeley di Ms. Word dan Membuat Daftar Pustaka Otomatis.

Berikut ini cara membuat daftar pustaka otomatis.
1. Siapkan halaman khusus untuk daftar pustaka
2. Klik tanda (…) pada tampilan Mendeley Cite (Paling 3. Kanan)
4. Pilih dan klik “insert bibliography”
5. Klik Oke dan tunggu sampai tampilan daftar pustaka muncul

Facebook Comments

POST A COMMENT.