Metode Gamifikasi untuk Pembelajaran Siswa

mepnews.id – Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan inovasi pembelajaran dengan menerapkan metode gamifikasi. Praktik pembelajaran ini dilakukan kelompok 134 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di SDN Banmati 02 Kelurahan Banmati, Sukoharjo.

Kelompok KKN ini dipimpin Ryan Brilian Fatsena, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) FKIP. Prof Dr Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati MPd menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mengawasi dan membimbing kelompok.

Dikabarkan situs resmi uns.ac.id, gamifikasi adalah metode pembelajaran yang menerapkan prinsip kerja permainan atau gim dalam proses pembelajaran. Gamifikasi diterapkan di dalam kelas sebagai cara untuk menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik. Metode ini diharapkan membuat siswa lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Deny Christiana SPd, Guru kelas V di SDN Banmati 02, menilai kegiatan ini membawa inovasi pada siswa. “Program ini menyenangkan. Saya merasakan siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran. Terima kasih telah mengajak dan memperkenalkan anak-anak dengan permainan yang membuat mereka juga belajar. Semoga saya juga bisa mengaplikasikannya kepada anak-anak nantinya.”

Gamifikasi dilaksanakan selama Kelompok 134 sejak akhir Juli hingga Agustus 2023. Melalui pengenalan elemen game, Tim KKN UNS berharap siswa dapat lebih aktif dan tertarik dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menyerap materi pelajaran.

“Dengan adanya elemen game, program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda dan inovatif bagi siswa,” ujar Ketua Tim KKN Kelompok 134, Ryan Brilian Fatsena. (R.P. Adji)

Facebook Comments

Comments are closed.