Bupati Bojonegoro Berangkatkan Karnaval Budaya

mepnews.id – Ahad 28 Agustus 2022 pukul 08.15 di depan Pendopo Kabupaten Bojonegoro,  Bupati Anna Mu’awanah memberangkatkan Karnaval Budaya Bojonegoro 2022.

Kegiatan untuk tingkat SMA, MA, SMK, Perguruan Tinggi dan umum ini mengusung tema ‘Pesona Budaya Bojonegoro’. Karnaval diikuti 19 peserta dari 31 yang mendaftarkan diri. Mereka terdiri dari para siswa SMA, MA, SMK.

Untuk SD/MI,  SMP/MTs, acara dilaksanakan Senin 29 Agustus bertema keragaman seni budaya tradisional Bojonegoro yang diikuti 22 peserta.

Mengawalu kegiatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto, dalam laporannya menyampaikan, tujuan pawai budaya kali ini untuk menggali, mensosoalisasikan, mengedukasi budaya dan seni kepada masyarakat, melestarikan seni dan budaya yang berkembang di Bojonegoro, serta memeriahkan peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI.

Sebelum memberangkatkan pawai budaya, Bupati Anna Mu’awanah menyampaikan harapan kegiatan ini sebagai upaya melestarikan budaya juga mampu menumbuhkan perekonomian Bojonegoro.

Ribuan pengunjung memadadati ibu kota Kabupaten untuk menyaksikan para peserta menampilkan budaya lokal Bojonegoro. Mulai sejarah lahirnya Kabupaten Bojonegoro dengan kayangan api yang diyakini sebagai tempat pembuatan senjata masa Majapahit, sejarah masing-masing desa, tradisi ruwatan yang dilakukan para pesinden (penyanyi pada seni tradisional lagen tayub), seni pertunjukan khas Bojonegoro,  tradisi ngunduh mantu, tradisi ruwatan Bengawan Solo yang diyakini telah memberikan keberkahan pada masyarakat mulai dari air, ikan, penompang perekonomian Bojonegoro, juga industri batu bata merah di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

Acara berahir 12.00 dengan tertib, ditandai peserta terahir yang sampai di finis di Jl. Imam Bonjol.

(Yazid Mar’i)

Facebook Comments

Comments are closed.