Workshop Sehari, Lahirlah Mozaik Banyuwangi

mepnews.id – Gelora literasi di ujung timur tanah Jawa makin membara. Sudah bermunculan sejumlah karya sastera terkemuka dari bumi Banyuwangi. Salah satunya, buku antologi berjudul Mozaik Banyuwangi.

Buku ini karya nyata dari workshop sehari seiring dengan safari literasi Duta Baca Nasional Gol-A-Gong di Banyuwangi pada 8 Februari 2022. Workshop diikuti sejumlah guru, siswa, dan aktivis literasi Banyuwangi. Tim Iqro Semesta sebagai pemberi materi.

Workshop dilanjutkan dengan interaksi online untuk menghasilkan buku. Memanfaatkan WA group, para peserta berkomunikasi tentang perkembangan karya masing-masing. Hingga akhirnya, karya terkumpul jadi buku antologi.

Teguh W. Utomo, selaku editor, mengarahkan para penulis untuk mengungkap hal-hal paling menarik yang terjadi di sekitar tempat tinggal penulis masing-masing. Hasilnya, tulisan-tulisan itu dibagi ke dalam delapan bagian.

Travella membahas tentang destinasi wisata di Banyuwangi. Wisata yang moderen maupun yang agak supra natural. Cultura terkait aktivitas budaya masyarakat setempat. Bagian ini sangat menarik untuk memahami bagaimana orang Banyuwangi luar-dalam.

Sosial berisi satu tulisan tentang aksi pemberdayaan perempuan. Edukasi mengangkat pendidikan dan pendukung pendidikan di Banyuwangi. Culinary tidak hanya membahas ayam kesrut, tapi juga aneka makanan khas Banyuwangi.

Ada juga bagian tokoh yang membahas seniman dan penggerak masyarakat, heritage tentang monumen dan bangunan bersejarah di Banyuwangi, hingga pemberdayaan yang membahas bagaimana masyarakat bangkit dari krisis ekonomi akibat pandemi.

Tak pelak, buku setebal 363 halaman ini mirip ensklopedi versi mini.

Facebook Comments

POST A COMMENT.