Menulis dan Honor Tak Terduga

Oleh: Moh. Husen*

mepnews.id – Apa pun jenis profesi Anda, entah jadi pejabat atau sekedar jualan es di tepi jalan; menulislah. Apa saja itu perlu ditulis, karena apa saja itu penting, apa saja itu tidak ada yang sia-sia. Jangan sampai Anda lewatkan satu hari saja tanpa menulis, seberapa pendek pun tulisan Anda.

Jika tulisan Anda berbau SARA, hoax, fitnah, memecah belah, adu domba, iri hati dan caci maki, simpanlah tulisan Anda itu di file catatan pribadi Anda yang tersembunyi. Jangan dipublis di mana pun.

Dengan Anda simpan secara pribadi, Anda akan mengerti diri Anda. Sebagaimana kencing dan berak itu sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda ketika tidak Anda lakukan di tengah jalan raya.

Terhadap segala sesuatu yang bermanfaat, pasti Anda akan dapat bayaran. Termasuk apakah Anda sedang pengangguran hari ini? Ya hari ini, saat Anda menjumpai dan membaca tulisan saya ini?

Jika penganguran, segera menulislah. Tulislah besar-besar bahwa Anda pengangguran. Sebab, biar pun jelas-jelas kaki Anda pincang sebelah, tapi jika Anda tidak bilang kaki Anda pincang, belum tentu orang di depan Anda punya ilmu bahwa Anda pincang.

Kalau dulu hanya bawahan di kantor yang harus menjilat atasan agar dapat bantuan akses basah atau naik pangkat,  kini rakyat kecil juga harus pandai menjilat agar dapat bantuan apa saja.

Kalau ada keluarga sulit makan atau makan tidak layak dan dikabarkan tak tersentuh bantuan, sementara yang rumahnya berkeramik, tempat tidur nyaman, gaji lancar, malah dapat bantuan, maka sepertinya si sulit makan itu perlu ditatar bab lobi dan menjilat.

Ah, kok ngelantur sampai ke sini. Kembali ke awal; Pokoknya tulis. Tulis apa saja. Yakinlah. Bagi orang yang melakukan berbagai jenis pekerjaan apa saja, sekali lagi apa saja, termasuk menulis: yakinlah pasti akan dapat honor. Pasti.

Kenapa pasti? Karena kepastian orang yang bekerja adalah mendapat imbalan dari Tuhan dengan sangat bermacam-macam, bahkan sangat tak terduga. Semakin Anda ikhlas dalam melakukan berbagai pekerjaan, semakin Anda akan mendapatkan rejeki yang tidak pernah Anda sangka-sangka.

Honor dari Tuhan bisa berupa anak Anda tidak terjangkit narkoba, keluarga Anda bisa sabar, Dan lain-lain. Emang Anda bisa mendidik keluarga Anda untuk sabar di tengah kepungan kegilaan hidup seperti sekarang ini?

So, jika setelah Anda menulis, kemudian Anda merasa digiring oleh apa, kemudian dituntun untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya, maka kerjakanlah. Entah itu jalan ke mana, silaturahmi ke mana, lakukanlah. Karena setelah Anda melakukan tugas yang mulia yaitu menulis, pasti Tuhan segera langsung membayar.

Honor Anda bisa jadi segala sesuatu yang akan Anda temui setelah Anda menulis. Termasuk jangan-jangan, honor Anda setelah Anda menulis adalah menjadi presiden.

Kali ini saya agak terang-terangan menceramahi Anda. Sebagaimana lazimnya penceramah, saya akan bilang bahwa Anda boleh tidak percaya dengan semua yang saya ceramahkan. Bahkan Anda boleh mengkritik: “Menulis bukan satu-satunya jalan Bung, hehehehe…”

(Banyuwangi, 2 Oktober 2021)

 

*Penulis buku Obrolan Lockdown. Tinggal di Rogojampi-Banyuwangi.

Facebook Comments

POST A COMMENT.