Unesa Kembangkan Bahasa Jawa di Malaysia

mepnews.id – Direktorat Teknologi, Informasi, Komunikasi, dan Kerja Sama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkolaborasi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kuala Lumpur di Malaysia menginisiasi program belajar Bahasa Jawa untuk anak-anak pekerja migran khususnya dari Jawa.

Dikabarkan situs resmi unesa ac.id edisi 28 Desember 2023, kolaborasi Unesa dan Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menghasilkan banyak program. Yang sudah terealisasi antara lain program pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional.

“Program belajar Bahasa Jawa diminta langsung Atdikbud Prof Dr Muhammad Firdaus SP MSi. Sasarannya anak-anak dari pekerja migran dari Jawa agar menguasai bahasa asli mereka sendiri,” ucap Direktur TIK dan Kerja Sama Unesa Prof Slamet Setiawan MA PhD.

Guru besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) itu menambahkan, program melibatkan Prodi Bahasa dan Sastra Jawa yang sudah mengantongi akreditasi internasional. Mahasiswa juga berkesempatan besar untuk turut belajar di negeri orang melalui PKM atau student mobility.

“Program yang insya Allah terlaksana pada 2024 ini mampu mempertahankan nilai keluhuran Bahasa Jawa dan mengembalikan identitas mereka sebagai orang Jawa. Bahasa bukan sekadar alat komunikasi, tapi juga pengembangan budaya,” ungkapnya.

Facebook Comments

Comments are closed.