Kuliah ‘Tanpa Bayar’ Cara Cyndy

mepnews.id – Cyndy Lovitasari memang hebat. Lulus dari Program Studi Agrobisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember pada Oktober 2022 dengan pujian (cumlaude). Ia mengantongi IPK 3,91, dan kuliah 3 tahun 10 bulan.

“Alhamdulillah, saya nggak pernah minta duit ke Mama untuk bayar UKT (Uang Kuliah Tunggal). Saya sering juara sejak awal kuliah hingga lulus sehingga uang hadiahnya bisa untuk bayar UKT. Bahkan kadang bisa ngasih Mama uang hasil kejuaraan,” ujar Cyndy.

Cindy usai wisuda.

Gadis asal Lamongan ini pernah jadi finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 34 tahun 2021, meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa DIKTI 2021 dan prestasi lainnya. Ia juga meraih Medal International Innovation & Invention Competition (I3C) Malaysia 2021, Gold Medal International Youth Business Competition (IYBC) 2021, Juara 2 Essay Competition Of Animal Science (COAS) 2021 .

Cyndy juga aktif di kegiatan kemahasiswaan. Ia pernah menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian, pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan hingga ikut di UKM Kesenian terutama menari. Meski di kegiatan kemahasiswaan, kuliahnya lancar.

“Yang penting, fokus pada kegiatan yang kita lakukan dan manajemen waktu yang baik. Di kelas, saya menyimak dan memahami materi dari dosen, aktif dalam diskusi kelas dan selalu menyelesaikan tugas tepat waktu. Untuk mengasah daya berfikir yah harus belajar otodidak seperti meningkatkan literasi dengan baca buku, jurnal, serta bahan lainnya,” ungkap Cyndy.

Meski demikian, peran Mama dan keluarga dekat adalah modal utama berprestasi. Dibesarkan oleh orang tua tunggal, Cyndy harus belajar hidup agar optimis dan terus bersyukur. Jika tetap semangat dalam menjalani hidup maka bisa menggapai masa depan cerah.

Selepas kuliah, Cyndy ingin mempraktikkan ilmu dan ketrampilan dengan bekerja di bidang yang terkait dunia pertanian. Cyndy juga tertarik dengan bidang pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mama dan semua keluarga, teman-teman yang mendukung saya. Terima kasih telah mendampingi saya tetap tabah dalam menjalani hidup yang penuh kejutan. Untuk teman-teman pejuang broken home, yang berantakan hanyalah keluargamu bukan masa depanmu. Mempunyai keluarga harmonis adalah privilege. Kalau kamu tidak punya itu, kamu harus mencari privilege lain. Tetaplah menjadi pribadi yang kuat dan selalu bersyukur karena hidup harus berlanjut dan segera jemput masa depan cerahmu,” pesan Cyndy. (matus/iim)

Facebook Comments

POST A COMMENT.