Si Manis dari Bondowoso

Oleh: Ayleen Freya Virmasha

mepnews.id – Tape adalah salah satu produk Bondowoso. Produk olahan singkong ini menjadi makanan khas masyarakat. Karena tape, Bondowoso jadi dikenal di kota–kota lain. Tape juga menjadi tujuan tamu dari luar kota untuk oleh–oleh. Karena sudah jadi produk budaya, tape Bondowoso harus dilestarikan.

Tape khas Bondowoso terkenal karena rasa manisnya. Selain menjadi ciri khas wilayah, tape juga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bondowoso. Sebagian besar penduduk mendapat penghasilan sehari-hari dari memproduksi tape di rumah (home industry).

Cara membuatnya gampang dan bahan yang digunakan juga praktis. Bahan utama hanya singkong. Bahan lainnya adalah ragi. Selain itu dibutuhkan daun pisang untuk membungkus.

Pertama-tama, singkong dikupas lalu direbus. Setelah direbus matang, biarkan singkong dingin terlebih dahulu. Lalu, taruh singkong di wadah yang sudah dialasi daun. Taburi singkong dengan ragi tape. Selanjutnya, singkong ditutup daun pisang. Tunggu proses fermentasi selama dua hari dua malam sampai jadi tape. Setelah matang, baru tape bisa dikonsumsi.

Saat ini, tape tidak hanya dapat di konsumsi langsung. Tape juga bisa dijadikan bahan dasar untuk menjadi olahan lainnya, seperti: tape bakar, crispy, cake tape, brownies tape.

Tape dan olahannya yang beredar di Bondowoso sudah dikemas bagus. Kemasan atau packing yang cantik dapat membuat pembeli tertarik membelinya sebagai oleh-oleh atau souvenir.

Tape dan olahannya memiliki manfaat kesehatan, terutama bagi orang–orang sakit. Manfaat tape untuk kesehatan antara lain; meningkatkan imunitas, mencegah amenia, menguatkan fungsi otot, melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, menurunkan kadar kolestrol, membunuh radikal bebas.

Nah, untuk melestarikan tape dan olahannya agar semakin dikenal di kota-kota lain, kita perlu mendidik generasi muda untuk mengenalkan dan menginovasi produksi tape. Dengan cara memberikan kursus atau bimbingan dan pelatihan pada anak-anak muda di kota atau di desa–desa tentang cara membuat tape, cara mengemasnya agar semakin menarik, dan cara bagaimana mengenalkan tape dan olahannya melalui media online. Dengan cara ini, tape Bondowoso semakin dikenal masyarakat luas dan kesejahteraan masyarakat Bondowoso semakin tinggi dengan memproduksi dan menjual tape.

____________

  • Penulis adalah murid kelas 5 SDN Dabasah 01 Bondowoso.

Facebook Comments

Comments are closed.