mepnews.id – Lima mahasiswa asing penerima beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengikuti kegiatan Global Engagement sebagai juri di SD Al-Hikmah Surabaya pada 13 dan 15 Oktober 2025. Kegiatan edukatif ini menjadi wadah interaksi lintas budaya antara mahasiswa internasional dan siswa sekolah dasar.
Dikabarkan situs resmi unesa.ac.id, lima mahasiswa tersebut adalah Mogatsabarwa K. Mosweu dari Botswana, Roda Ningbiakhoih Mate dari India, Talha Waheed dari Pakistan, Ali Abakar Ben Abakar dari Chad, dan Rajab Hamis Yusuph dari Tanzania.
Direktur Unesa Global Engagement (UGE), Muchamad Arif Al-Ardha, menjelaskan kegiatan ini bagian dari program internasionalisasi kampus yang tidak hanya berfokus pada mahasiswa tetapi juga menjangkau masyarakat, khususnya sekolah. “Kami ingin mahasiswa asing mengenal lebih dekat sistem pendidikan dasar di Indonesia, sekaligus memperkenalkan keberagaman budaya mereka kepada siswa-siswa Indonesia.”
Di SD Al Hikmah, para mahasiswa asing terlibat dalam aktivitas pembelajaran di kelas dan menjadi juri dalam penilaian proyek akhir siswa kelas 6. Mereka menilai hasil karya yang berkaitan dengan tema lingkungan, teknologi, dan sosial, sambil berdialog tentang ide-ide yang ditampilkan. Lalu, mereka berbagi cerita tentang kehidupan dan sistem pendidikan di negara asal.
Menurut Ardha, interaksi ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa tetapi juga bagi mahasiswa asing. Mereka dapat memahami bagaimana karakteristik siswa Indonesia, metode pembelajaran dasar, dan nilai-nilai pendidikan yang diterapkan di sekolah. “Pendekatan ini sekaligus menjadi sarana pembelajaran lintas budaya. Mahasiswa belajar dari siswa, dan sebaliknya.”
Global Engagement ini bagian dari program berkelanjutan UGE Unesa untuk memperluas jejaring internasional sekaligus memperkuat posisi Unesa sebagai kampus yang ramah mahasiswa asing. Ke depan, program serupa diperluas ke sekolah-sekolah lain di Surabaya dan sekitarnya, dengan konsep interaktif disesuaikan kebutuhan sekolah mitra.



POST A COMMENT.