Taruna AAL Tuntaskan Pelatihan Robotika

mepnews.id – Sebanyak 32 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan 70 sukses mengikuti pelatihan robotika. Pelatihan ini berlangsung 22 – 28 Maret 2024 di Gedung Sapudi AAL Bumimoro, Surabaya.

Diulas situs resmi aal.ac.id, robotika adalah bidang ilmu yang mencakup desain, pembuatan, dan penggunaan robot. Bidang ini menggabungkan ilmu komputer, teknik elektronika, dan teknik mesin untuk menciptakan sistem otomasi cerdas.

Robotika memiliki potensi besar dalam mengatasi tantangan di masa depan, seperti mobilitas mandiri, manufaktur berkelanjutan, dan pemeliharaan lingkungan. Tujuannya meningkatkan produktivitas, kualitas hidup, dan keamanan di berbagai industri.

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari Kursus Artificial Intelligence yang diselenggarakan awal Maret. Wagub AAL Laksamana Pertama TNI Arif Badrudin, M. Mgt.Stud, menjadi penggagas kegiatan ini.

Para Taruna AAL diberi pelatihan membuat dan mengelola robot, keterampilan penting di era digital ini. Proses pembuatan robot diharapkan dapat membantu para taruna menghargai proses kerja dan merasakan kepuasan dari proses pembelajaran tersebut.

Kolonel Laut (E) M. Sukma Lesmana, Kepala Departemen Elektronika, dan Kolonel Laut (T) Ary Kurniawan, Kepala Departemen Teknik, bertindak sebagai koordinator dalam kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan meningkatkan keterampilan praktis para Taruna dalam menghadapi tantangan teknologi masa depan.

Kegiatan ini berjalan dengan sukses, aman, dan lancar, menunjukkan komitmen AAL dalam mempersiapkan Taruna mereka untuk era digital yang semakin canggih.

Facebook Comments

POST A COMMENT.