Dosen Unusa Perkenalkan AR dan VR ke Siswa Timor Leste

mepnews.id – Delapan dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) internasional di Timor Leste. Mereka memperkenalkan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) ke siswa-siswi SMA sederajad.

Dikabarkan situs resmi unusa.ac.id 26 November 2023, dosen yang mengikuti pengmas internasional yakni Nafiah, Rizqi Putri Nourma Budiarti, Muhammad Thamrin Hidayat, Umdatus Soleha, Siti Nur Imamatul Khusna, Muhammad Shokhid dan Candra Mahardika.

Nafiah, selaku Ketua Tim Pengmas, mengatakan 100 lebih siswa-siswi SMA di Timor Leste mengikuti kegiatan ini. “Kami edukasi mereka bagaimana penggunaan AR dan VR. Dari pretest yang kami lakukan, banyak siswa di sana yang tidak memgetahui apa itu VR dan AR.”

Pelaksanaan pengmas internasional itu bertepatan dengan kegiatan mempromosikan Unusa di Timor Leste. “Jadi sekalian kami lakukan pengmas agar siswa-siswi SMA di Timor Leste juga semakin kenal Unusa dengan segala fasilitas pembelajarannya,” kata Nafiah.

Karena banyak yang belum mengenal AR dan VR, tim dosen Unusa pun semakin bersemangat memperkenalkannya. Tim Unusa sudah mempersiapkan hasil karya mahasiswa untuk AR dan VR dibawa ke Timor Leste dan dipraktikkan di hadapan siswa-siswi.

“Mereka antusias sekali. Kami praktikkan, kami ajari, dan siswa-siswi itu suka banget,” tuturnya.

Dari hasil edukasi itu, para siswa akhirnya memahami dan bisa mempraktikkan VR dan AR. “Kami senang siswa SMA bisa mengenal teknologi canggih bidang pendidikan. Mereka bisa melek teknologi,” tuturnya.

Dengan cara ini diharapkan ke depan akan semakin banyak anak muda Timor Leste mengenal Unusa. “Semakin banyak yang menempuh kuliah di Unusa dari Timor Leste,” kata Nafiah.

Facebook Comments

Comments are closed.