Dosen FH Unand Penulis Buku Terbaik Perpusnas

mepnews.id –  Dr Khairul Fahmi MH, dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas, terpilih sebagai penulis buku terbaik dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Buku berjudul ‘Pembatasan Hak Pilih Warga Negara’ menjadi terbaik pertama dengan subjek pemilihan umum. Buku 228 halaman itu membahas penilaian terhadap konstitusionalitas pembatasan hak pilih oleh Mahkamah Konstitusi dalam pengujian undang-undang terkait pemilu.

Situs resmi unand.ac.id mengabarkan, penghargaan diserahkan langsung Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando sebagai bentuk apresiasi terhadap penulis buku yang telah menghasilkan dan menyerahkan karya buku terbaiknya ke Perpustakaan Nasional.

“Penilaian dan pemberian penghargaan diberikan kepada penulis karya cetak yang telah menerbitkan karyanya mulai 2017 sampai Mei 2023, serta telah diserahsimpankan,” ucapnya dalam pekan penghargaan yang diselenggarakan hybrid pada 7 September 2023.

Proses penilaian buku terbaik dilakukan Juni-Agustus 2023. Juri yang dilibatkan dari beragam latar belakang, mulai dari pakar, praktisi, akademisi serta perwakilan dari badan bahasa.

Syarif menuturkan Indonesia tidak boleh meratapi nasib yang sering dihakimi sebagai bangsa yang rendah dalam budaya membaca. Padahal Indonesia memiliki jumlah aksara terbesar di dunia, memiliki sejarah panjang sebagai keturunan dari nenek moyang yang gemar membaca.

“Budaya membaca di Indonesia telah tinggi sejak dulu. Ini tercermin dalam berbagai inisiatif seperti Kuda Pustaka, Perahu Pustaka, bahkan Motor Pustaka, yang menyebarkan buku-buku ke berbagai pelosok negeri, dikelilingi antusiasme anak-anak yang ingin belajar,” ungkapnya.

Khairul Fahmi, yang juga Wakil Dekan II Fakultas Hukum, sangat bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan Puspresnas.

Ia berharap penghargaan ini menjadi pemantik semangat dirinya sendiri dan juga dosen lain agar terus menghasilkan karya-karya lainnya.(*)

Facebook Comments

Comments are closed.