Sebaiknya, Jangan Lakukan Ini Setelah Makan

mepnews.id – Kebiasaan buruk setelah makan dapat mempengaruhi kesehatan, terutama pada sistem pencernaan. Maka, Islam Syarifurrahman Ners UM Surabaya lewat situs resmi um-surabaya.ac.id, mengingatkan, lima kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

Pertama, olahraga. Pada umumnya, aktivitas ini baik untuk kesehatan. Namun, bila dilakukan langsung setelah makan, olahraga berdampak buruk pada sistem pencernaan. Mual muntah bisa terjadi karena goncangan pada perut saat berolahraga. Kram juga bisa terjadi karena kondisi perut yang masih penuh makanan dipaksa menarik ikatan sendi saat berolahraga.

Kedua, merokok. Ada sejumlah orang yang kebiasan merokok setelah makan. Padahal, merokok setelah makan membuat nutrisi susah diserap tubuh. Masalah lain, proses pengosogan lambung lebih cepat sehingga meningkatkan gangguan pencernaan ulkus duodenal.

Ketiga, tidur. Kadang, perut kenyang mengundang rasa kantuk. Lalu, orang lantas tidur atau sekadar berbaring. Padahal, tidur setelah makan memiliki efek negatif terhadap tubuh. Ada perlambatan proses pencernaan yang bisa membuat nyeri perut. Masalah lain adalah refluks esofagus. Makanan yang masuk ke lambung berbalik arah ke atas sehingga kerongkongan panas dan menimbulkan rasa mual atau muntah.

Keempat, makan buah. Biasanya, buah dijadikan makanan penutup atau pencuci mulut setelah makan. Padahal, buah memiliki dampak negatif terhadap proses pencernaan bila dikonsumsi setelah makan. Alasannya, buah langsung terfrementasi di dalam usus serta bisa mengakibatkan gas sehingga perut terasa kembung dan bisa menyebabkan diare. Buah lebih baik dimakan saat perut kosong atau 1-2 jam setelah makan.

Kelima, minum kopi. Kopi memiliki sifat asam yang dapat membuat makanan sulit dicerna. Ini jelas mempengaruhi  sistem pencernaan. Lebih baik kopi diminum 1-2 jam setelah makan. Minum kopi setelah makan juga dapat mengurangi zat besi sampai 80% dan dapat meningkatkan kelosterol jahat dalam tubuh. Kopi terdapat minyak yang menjadi pemicu meningkatnya kolesterol pada makanan.

Facebook Comments

Comments are closed.