Unsoed Teken MoU Pelihara Mangrove

mepnews.id – Pada Hari Mangrove Sedunia 26 Juli 2023 dan bersamaan bulan bebas plastik, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan industri nasional dan global. Tujuannya mengelola ekosistem mangrove untuk wisata dan konservasi dalam peran serta menjaga dan mengelola lingkungan pesisir lebih baik.

Kerja sama ini menjadi quadripartite agreement dengan Solinatra (perusahaan berbasis di Belanda), ATMI-IGI Surakarta, Taman Wisata Alam Angke Kapuk (TWAAK), dan Fakultas Biologi Unsoed.

Drs Sukarsa MSi, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Fakultas Biologi, mengatakan, “Mangrove ekosistem unik yang memiliki jasa dan layanan penting bagi manusia dan alam. Mangrove bisa dijadikan objek utama yang akan dikaji dan didorong pengelolaan lebih baik di masa mendatang melalui kerja sama ini.”

Dikabarkan situs resmi unsoed.ac.id, kerja sama dengan TWAAK bukan yang baru bagi Unsoed khususnya Fakultas Biologi. Sejak Februari 2022, telah terjalin kerja sama mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dengan bentuk kegiatan pembelajaran magang. Selain itu, riset bersama terkait simpanan karbon, dan biodiversitas mangrove di TWAAK telah dimulai pada 2023.

Kegiatan ini mendorong peran serta perguruan tinggi khususnya Unsoed dalam peranannya mengelola modal dasar pembangunan dengan menjaga dan mengelola sumber daya alam dengan lebih baik, yang melibatkan perusahaan, industri dan instansi lain baik nasional maupun global seperti TWAAK, ATMI dan Solinatra.

Facebook Comments

Comments are closed.