2 Peserta dari Bojonegoro lolos UKW 

mepnews.id – Perhelatan akbar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Solo bisa dibilang luar biasa. Meski pembukaan baru akan dilaksanakan 17 November 2022 di Stadion Manahan Solo, gaung Muktamar sudah sangat terasa sebulan sebelumnya.

Salah satunya terkait Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk peliputan muktamar.

Selasa 15 November 2022 di Aula FKI Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), UKW Muhammadiyah yang dilaksanakan FKI UMS bekerjasama dengan PWI resmi ditutup.

Kegiatan diawali dengan seleksi terhadap 50 pendaftar, kemudian 23 dinyatakan berhak mengikuti UKW. Dua hari berikutnya, ujian dilakukan hingga tinggal 20 peserta yang dinyatakan lulus.

Selanjutnya, peserta yang dinyatakan lulus mendapat amanah meliput kegiatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48.

Dari 20 peserta yang lulus, ada dua kader muda Muhammadiyah Bojonegoro. Mereka adalah Farhan Ulil Mu’tamar ketua PC IMM periode 2020-2021 dan Khoirunnusa’ Iridatillah putri Ketua Majlis Pendidikan Kader M. Yazid Mar’i.

Penguji sempat kaget melihat ijazah Khoirunnisa Iridatillah, yakni Sarjana Teknik dari Sampoerna University dan Bachelor of Science dari Arizona University, mau bergabung pada media milik Muhammadiyah.

Mewakili peserta, dalam penutupan Khoirunnisa Iridatillah menyampikan bahwa UKW uji ini tidak hanya manambah wawasan tapi juga praktik bagaimana menulis dan beretika yang baik dan benar sesuai kode etik jurnalistik.

“Yang tak kalah penting, ini juga berdakwah,” kata ia. (Zid)

Facebook Comments

POST A COMMENT.