Unesa Rutin Tes Urine Cegah Narkoba

mepnews.id – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengadakan Tes Urine Narkotika dan Talkshow di Lantai 1 Gedung LPSP Kampus 2 Lidah Wetan, pada Jumat, 14 Juni 2024. Kegiatan ini diselenggarakan Satuan Mitigasi Crisi Center (SMCC) Unesa bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur.

Dikabarkan situs resmi unesa.ac.id, Wakil Rektor Bidang Hukum, Ketatalaksanaan, Keuangan, Sumber Daya, dan Usaha, Dr Bachtiar Syaiful Bachri MPd., mengungkapkan acara ini bagian dari upaya preventif kampus terhadap penyalahgunaan narkoba. Tenaga pendidik atau pimpinan di Unesa wajib melakukan tes urine.

“Ini sebenarnya upaya pencegahan. Artinya, Unesa mendukung upaya bahwa setiap individu harus sehat yang dibuktikan dengan tidak menyalahgunakan narkotika,” ujarnya.

Bachtiar juga menekankan pentingnya tes urine dilakukan rutin dan dengan sampel lebih heterogen di masa depan.

Ketua Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Masduki SH MH, menyatakan Unesa berkomitmen dalam deteksi dini melalui tes urine. Tiap tahun, Unesa melakukan proses P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika). Tes urine merupakan bagian dari upaya menutup atau mempersempit ruang gerak penyalahgunaan narkotika di lingkungan kampus.

Kegiatan ini melibatkan beberapa rangkaian acara. Pertama, tes urine dilakukan terhadap 130 pimpinan dan 30 mahasiswa yang dipilih secara acak. Kedua, presentasi hasil produk mahasiswa yang mengembangkan media anti-narkotika berbasis modul. Ketiga, talkshow anti-narkotika yang diisi Direktur PPG dan Masduki dari BNNP Jatim. Terakhir, penyerahan hadiah lomba untuk video edukasi narkotika. Berbagai kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan kampus yang bersih dari penyalahgunaan narkotika dan melindungi generasi muda dari ancaman narkoba.(Sindy Riska Fadillah)

Facebook Comments

Comments are closed.