Bedah Buku Sambil Transaksi Produk KUM Sitakong

Oleh: Rumman Aziz

mepnews.id – Para pegiat literasi bersama Irwan Bachtiar Rahmat Wakil Bupati Bondowoso melakukan launching dan bedah buku berjudul ‘Halo Bondowoso’ di Pendopo Pemkab, Kamis 27 Oktober 2022 pukul 09.00-12.00.

Bedah buku menghadirkan narasumber Teguh Wahyu Utomo selaku editor, Bambang Prakoso selaku Wakil Ketua GPMB Jatim, Aditya Akbar Hakim selaku Sekjen Iqro Semesta, dan Sabilil Muttaqin siswa SMAN 3 Bondowoso sebagai salah satu penulis buku antologi itu.

Sabil, yang menulis satu artikel berjudul ‘Sitakong Buatan SMAN 3 Bondowoso’, langsung menunjukkan produknya. “Kalau biasanya tape dimakan begitu saja, dibuat suwar-suwir atau makanan lainnya, kami bikin minuman,” kata ia.

Minuman sirup tape singkong.

Sitakong singkatan dari ‘sirup tape singkong’. Minuman pekat ini salah satu produk unggulan KUM SMAN 3 Bondowoso. Produk dalam kemasan botol plastik berlabel ini sudah dijual pada umum.

Pemaparan Sabil ini langsung mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak yang hadir dalam acara tersebut. Ada yang menanyakan dokumen-dokumen dan membantu menyebarkan. Ada juga yang mengharap Sitakong menjadi brand lokal Bondowoso dan dapat meningkatkan UKM berbasis literasi. Bahkan, ada yang beli kontan di lokasi.

Lewat menulis dan memamerkan produk, diharapkan ke depan literasi anak-anak di Bondowoso dapat menciptakan karya gemilang yang nantinya menjadi jembatan menuju masa depan cerah, karena keajaiban menulis itu nyata adanya.

Buku ‘Halo Bondowoso’ ini bagian dari gerakan ‘1000 Anak Indonesia Menulis’. Isinya tulisan anak-anak usia SD sampai SMA sederajat. Temanya local content, yakni apa saja yang ada di sekitar penulis. Bisa tentang wisatanya, makanan uniknya, orang-orang hebat, UKM, dan lain-lain. Sebagian besar isinya tentang tape, wisata Ijen GeoPark, dan lain-lain.

Facebook Comments

Comments are closed.