Lakukan Ini Jika Kaki Bengkak Saat Hamil

mepnews.id – Bersyukurlah saat mendapatkan kehamilan. Bersyukur pula jika prosesnya ada sejumlah gangguan. Misalnya, kaki bengkak.

Dalam masa kehamilan dari trimester 1 sampai trimester III, kadang muncul bengkak pada kaki. Bengkak pada Ibu hamil ini menandai penyumbatan sirkulasi cairan tubuh akibat tekanan jaringan tertentu.

Bengkak pada trimester 1 terjadi akibat perubahan hormonal. Bengkak pada trimester 2 karena peningkatan volume darah dan cairan di dalam tubuh. Bengkak pada trimester 3 terjadi akibat pembesaran volume rahim seiring petumbuhan janin sehingga menekan pembuluh darah di panggul.

Jika dipencet lalu tidak kembali seperti semula dalam waktu lebih dari 3 detik, maka bengkak di kaki itu abnormal dan mungkin berpotensi bahaya bagi kehamilan.

Rachmawati Ika Sukarsih

Dosen S1 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surabaya,  Rachmawati Ika Sukarsih, membagikan tips untuk mengatasi kaki bengkak ibu hamil.

Pertama, kurangi konsumsi garam yang berlebihan. Garam betsifat mengikat cairan dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan penumpukan dan memperburuk kondisi kaki bengkak.

“Upayakan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang, alpukat, dan bayam,” ujar Ika, dikutip situs resmi um-surabaya.ac.id, 16 November 2023.

Kedua, batasi asupan kafein. Karena betsifat diuretik, kafein mempercepat pembentukan cairan urine. Minuman berkafein antara lain: kopi, teh, dan yang bersoda

Ketiga, angkat kaki saat duduk. Ini upaya untuk mengurangi tekanan pada kaki dan memperbaiki sirkulasi darah. Ibu hamil dapat menggunakan kursi atau bantal untuk menyangga kaki dan betis dalam posisi sejajar dengan panggul.

Keempat, berjalan-jalan. Ini membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada kaki. Silakan jalan kaki ringan 30 menit setiap hari .

Kelima, gunakan sepatu nyaman Dan tidak sempit. Ini dapat mengurangi tekanan pada kaki dan memperbaiki sirkulasi darah.

“Penggunaan flat shoes memiliki manfaat. Selain mengurangi bengkak, juga mencegah degenerasi persendian kaki, rusaknya tendon achilles, serta perubahan postur tulang belakang,” kata Ika.

Facebook Comments

POST A COMMENT.