Selai Sehat dari Albedo Semangka

mepnews.id – Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Yogyakarta Gelombang II PGSD Kelas C Kelompok 3 menggagas pembuatan selai dari kulit semangka.

Situs resmi uny.ac.id mengabarkan, mereka adalah Ahmad Widi Nugroho, Amilia Vivi Zusmiarsi, Dea Rizky Saputri, Dwi Fitri Rihardini, Elma Nur Damawanti, Juanda Wicaksono Prabowo, Nur Rita Febri Diana, Puteri La Nina, Riska Arisma, Sherlie Widyasmara, Tresy Litat dan Wahyu Kurniawati.

Ketua Kelompok Ahmad Widi Nugroho menjelaskan, selama ini semangka hanya dimanfaatkan buahnya dan kulitnya dibuang sebagai sampah.

“Padahal pada kulit semangka terdapat daging buah segar berwarna putih kehijauan, rasanya tawar, mengandung air, vitamin, dan punyai banyak manfaat untuk berbagai penyakit” kata Ahmad.

Roti dan selai kulit semangkaBagian putih kulit semangka dinamakan albedo dan sumber pektin potensial. Sebagaimana jaringan lunak tanaman lain, albedo semangka tersusun atas 21,03% senyawa pektin.

Amilia Vivi Zusmiarsi menambahkan, salah satu makanan olahan albedo semangka adalah selai. Makanan awetan dari buah yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat.

Selai termasuk produk olahan pangan yang disukai banyak orang dan dari berbagai golongan. Pembuatan selai kulit semangka ini mempunyai prospek baik untuk dikembangkan.

Maka, Tim UNY melakukan pelatihan pembuatan selai kulit semangka pada ibu-ibu PKK Desa Plumbon, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

Menurut Dea Rizky Saputri, kegiatan ini untuk memanfaatkan limbah kulit semangka serta mengembangkan kemampuan dan memberdayakan masyarakat agar menghasilkan kegiatan bermanfaat. Harapannya, setidaknya dapat menambah perekonomian masyarakat Desa Plumbon.

Dwi Fitri Rihardini membeberkan cara membuat selai kulit semangka. Pertama, potong dan pisahkan daging buah semangka dari kulitnya. Kupas kulit bagian luar sampai bersih. Potong kecil-kecil dan cuci, lalu blender atau parut, serta saring.

Setelah ditiriskan, hasil parutan dimasak dengan tambahan gula, vanili dan pewarna hingga teksturnya menyerupai selai.

“Kulit semangka mengandung antioksidan, air 93,4%, karbohidrat 5,3%, lemak 0.1%, serat 0,2%, vitamin A, B, C, mineral serta rendah kalori,” paparnya.

Selain itu kulit semangka bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan menjaga kekebalan tubuh.

Ketua PKK Plumbon, Susi, menyambut baik pengolahan kulit semangka menjadi selai. “Sangat menginspirasi. Ke depan, ini akan dijadikan produk unggulan UMKM Plumbon,” ujar Susi. (Dedy)

Facebook Comments

Comments are closed.