Psikologi Unair Wadahi Seni ABK di Indonesia

mepnews.id – Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan acara Psikologi Mencari Bakat (PMB) untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Ini merupakan tahun keempat FPsi Unair menyelenggarakan ajang seni bagi ABK. PMB kali ini mengusung tema “Every Child is Special and It’s Tme for Children with Special Needs to Shine.”

Pelaksanaan PMB ini bekerja sama dengan WUACD (World University Association for Community Development) Unair. WUACD sendiri menyelenggarakan summer program bertema “Optimizing the Development of Children with Special Needs” yang keseluruhan acaranya dikoordinir Fakultas Psikologi Unair.

“WUACD mendukung acara ini. Kami berharap tetap melanjutkan acara ini untuk bisa membuat dampak yang baik di masa depan,” tutur Dr Pratiwi Soesilawati drg MKes PA(K), Sekretaris WUACD Unair saat memberikan sambutan grand final PMB, Sabtu 9 Oktober 2021.

PMB menjadi wadah penyaluran bakat dan minat di bidang seni bagi ABK. Acara kali ini diselenggarakan daring karena pandemi COVID-19. Meski demikian, PMB menjaring 74 peserta dari kategori TK/SD dan 87 peserta dari kategori SMP/SMA dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Masing-masing peserta boleh memilih kategori seni yakni tari, musik, rupa, media, dan teater. Dari 161 yang mengikuti seleksi, diambil 10 peserta dari kategori TK/SD serta 10 peserta dari kategori SMP/SMA. Mereka berhak ke babak grand final.

Dewan juri PMB terdiri dari para ahli dan praktisi di bidang psikologi dan perkembangan ABK. Antara lain Muryantinah Mulyo Handayani MPsych (Ed&Dev), pemerhati ABK sekaligus dosen FPsi Unair; Dr Kurniasari MPd dari SLB Bhakti Wiyata Surabaya; Anantari Hita SPsi, guru musik inklusi dan penyusun kurikulum musik Sforzando Surabaya; dan Gembong Hadi Wibowo SPsi MSi dari Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Ada juga juri tamu spesial Dr Ida Hartina binti Ahmed Tharbe, dosen Departement of Educational Psychology and Counselling, University of Malaya, Malaysia.

Dari 20 finalis, terpilih masing-masing tiga peserta untuk penampil terbaik kategori TK/SD dan SMP/SMA serta peserta terfavorit untuk kategori TK/SD dan SMP/SMA. Pemenang untuk penampil terbaik kategori TK/SD adalah Felicia Candra, Anthony Tanaka, dan Eli Sabela. Kategori SMP/SMA dimenangkan oleh Virda Rizka Mardiana, Raihan Daffa Putra, dan Tantri Andini Laila Maheswari. Peserta terfavorit kategori TK/SD diraih Kinara Mahendra dan untuk kategori SMP/SMA Band SLB Autisme YPPA Padang.

Dua puluh finalis yang lolos PMB 2021 ini mendapatkan piagam penghargaan dan tabungan pendidikan. Penampil terbaik dan peserta terfavorit mendapatkan trofi dari FPsi Unair.

“Sebuah anugerah dan rasa syukur serta kebanggaan dari Fakultas Psikologi Unair dapat menyelenggarakan kegiatan PMB lagi di tahun 2021,” ungkap Endang Retno Surjaningrum MAppPsych PhD Psikolog, Wakil Dekan III FPsi UNAIR. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.