Menuju Kabupaten Literasi, Siswa-siswa SMP Gresik Siap Bikin Buku

mepnews.id – Ada tas peserta yang terjatuh dari kursi saat pelatihan menulis. Rupanya, peserta itu mengantuk kelelahan karena sudah datang di lokasi sejak pagi. Beruntung, ada teman yang membantu mengambilkan tas untuk untuk diletakkan kembali di tempat semula.

Kejadian kecil itu ditangkap seorang peserta pelatihan dan dituangkan dalam sesi praktik menulis. Hasil tulisannya langsung dipuji mentor Teguh W. Utomo. “Itu jeli. Menangkap satu peristiwa kecil di antara aktivitas besar itu butuh kepekaan dan kejelian. Kepekaan dan kejelian itu salah satu naluri yang harus dikembangkan penulis.”

Begitu lah salah satu suasana dalam Pelatihan Menulis Pelajar Gresik di Ruang Putri Mijil, Pendopo Kabupaten Gresik, 6 September 2023. Pelatihan diikuti 64 siswa SMP Negeri dari berbagai kecamatan di Kabupaten Gresik. Dengan visi ‘Menuju Gresik Kabupaten Literasi’, pelatihan ini ditargetkan menghasilkan buku antologi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, S. Hariyanto SPd MM, sebelum pelatihan dibuka, menjelaskan “Untuk akselerasi budaya literasi di Gresik, dilakukan banyak upaya. Sudah ada perpustakaan digital, ada program ‘satu guru satu buku, dan lain-lain, dan sekarang ada pelatihan menulis untuk pelajar.”

Wakil Bupati Dra Hj Aminatun Habibah MPd, dalam sambutan pembukaan, memberi wejangan pada para peserta. “Ada satu kalimat bijak yang terkait dengan aktivitas ini. If you want know the world, read. If you want to be known by the world, write. Kalau mau mengenal dunia, bacalah. Kalau mau dikenal dunia, menulislah. Nah, kalian mau pilih mana?”

Sebelum membuka pelatihan menulis, Wakil Bupati menyempatkan diri menyampaikan santunan bagi 13 anak yatim yang hadir di Ruang Putri Mijil. “Harusnya yang disantuni 15 anak, tapi yang hadir 13,” begitu penjelasan M Sholeh, dari media Panjinasional.

Acara pelatihan menulis untuk pelajar dan santunan bagi anak yatim itu bagian dari bakti ulang tahun ke 13 media Panjimas bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Rangkaian acara juga dihadiri segenap pimpinan media Panjinasional, 34 kepala sekolah, sejumlah guru pembimbing, dan sejumlah pejabat Kabupaten Gresik.

Facebook Comments

Website Comments

  1. Ahmad

    Koreksi kutipan, Min:
    “If you want to know the world, read. If you want to be known by the world, write.”