Mahasiswa Unpas Turun ke Jalan Menggambar Braga

mepnews.id – Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pasundan (Unpas) menggelar Drawing on the Street di Jalan Braga. Kegiatan rutin ini bagian dari mata kuliah lanjutan di Prodi DKV Unpas dan diikuti 65 mahasiswa semester 2.

“Menggambar di luar kelas rutin dilakukan agar mahasiswa tidak bosan di dalam kelas serta memberikan pengalaman baru. Mahasiswa bisa melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar, bisa menangkap bentuk, gestur, ekspresi, suasana, nuansa, mood, pesan dan komunikasi. Nantinya, semua itu diaplikasikan pada visual atau gambar,” kata Ketua Prodi DKV, Purmaningrum Maeni SSn MDs, lewat situs resmi unpas.ac.id edisi 10 Juni 2024.

Tema kegiatan Drawing on the Street kali ini adalah ‘Suasana Pedistrian Jalan Braga’. Alasannya, Braga adalah salah satu wisata sejarah serta landmark Kota Bandung yang memiliki ciri khas  terutama bangunan peninggalan kolonial Belanda.

“Selain melatih skill menggambar, diharapkan mahasiswa peka pada lingkungan sekitar, berinteraksi dengan pejalan kaki, dan bisa meningkatkan kepercayaan diri,” harapnya.

Respon masyarakat sangat bagus. Aksi para mahasiswa bahkan menarik perhatian wisatawan yang jalan kaki. “Mereka ada yang bertanya, dan bahkan ada yang ikut gabung menggambar. Ada juga turis luar negeri yang berinteaksi dengan beberapa mahasiswa dan mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Selain itu, Prodi DKV Unpas juga diberikan kepercayaan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung untuk membuat spot mural di kawasan Braga terutama di Kampung Wisata Kreatif Braga bertema ‘Warisan Budaya dan Sejarah.’

“Rencana mural muncul sebelum kegiatan Drawing on the Street. Hari itu, kami survei lokasi bersama perwakilan warga dan perwakilan Disbudpar untuk kegiatan mural. Saat ini dalam tahap koordinasi konsep dan pembuatan kerjasama pengabdian masyarakat prodi DKV,” terangnya.

Akmal, salah satu mahasiswa DKV semester 2, mengatakan kegiatan ini sangat menyenangkan dan merupakan hal baru baginya karena bisa menggambar objek di Braga secara langsung. “Braga salah satu tempat ikonik di Kota Bandung yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota.” (Rani)

Facebook Comments

Comments are closed.