FT UNG Ikut Lestarikan Tradisi Tumbilotohe

mepnews.id – Tumbilotohe adalah tradisi masyarakat Gorontalo menjelang berakhirnya Bulan Ramadhan. Mereka beramai-ramai menyalakan lampu minyak di halaman rumah dan halaman masjid. Tradisi ini bentuk kegembiraan masyarakat menyongsong malam-malam akhir Ramadhan.

Tradisi Tumbilotohe dilestarikan masyarakat dengan bentuk lebih meriah. Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) turut melestarikan tradisi dengan menyalakan ribuan lampu botol di halaman Kampus Bone Bolango.

Dikabarkan situs resmi ung.ac.id, Rektor Prof Dr Ir Eduart Wolok ST MT saat membuka Tumbilotohe 2024 FT UNG 7 April 2024 mengapresiasi organisasi mahasiswa yang terus melestarikan Tumbilotohe.

“Kalau tidak salah, Festival Tumbilotohe sudah dilaksanakan dari 2009. Ini berarti kali ke-15 diselenggarakan. Luar biasa. Non-stop oleh Fakultas Teknik,” ungkapnya.

Rektor berharap, Tumbilotohe tetap akan mengingatkan kita pentingnya menjaga ibadah di Bulan Ramadhan.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Sardi Salim MPd IPU ASEAN Eng, menjelaskan makna yang terkandung dari tema kegiatan ‘Tumbilotohe Ja Mo Mate‘. Menurutnya, nyala pelita lampu tidak akan redup dan akan terus menyinari perjuangan FT UNG menjadi fakultas unggul dan berdaya saing.

“Kami bersyukur Tumbilotohe terus dilaksanakan. Insya Allah ke depan akan lebih baik,” harapnya.

Facebook Comments

Comments are closed.