Rakernas Tilawati 2024; Menuju Sertifikasi Resmi Guru Al-Qur’an

mepnews.id – Rapat Kerja Nasional Tilawati (Rakernas Tilawati) di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, 23 hingga 25 Februari 2024, membuka jalan bagi para pengajar Al-Qur’an dan penggiat pendidikan Islam menuju profesionalisme.

Acara dengan semangat ‘Merajut Kebersamaan, Menjaga Al-Qur’an’ ini dihadiri KH Muhammad Nur Hayid MM pemateri dari Badan Sertifikasi Nasional Profesi (BNSP) yang juga pengasuh Pesantren Skill Jakarta.

Membuka materi, Dr KH Umar Jaeni MPd selaku Direktur Eksekutif Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya menyampaikan, “Yayasan Nurul Falah sedang istiqomah berupaya menjadi lembaga sertifikasi profesi (LSP) untuk guru Al-Qur’an.”

Hal ini menegaskan komitmen Tilawati Pusat dalam meningkatkan kualitas pengajaran Al-Qur’an dengan memberikan lisensi yang diakui secara resmi oleh negara.

Empat tujuan utama sertifikasi kompetensi ini adalah menghasilkan kualitas pengajaran yang memenuhi standar, manajemen dan administrasi yang efisien, keberlanjutan dan pengembangan kurikulum, serta pemanfaatan teknologi pendidikan. Metode pengajaran Al-Qur’an yang diimplementasikan harus memastikan santri merasa nyaman, mudah memahami, dan senang belajar Al-Qur’an

Ustaz KH Muhammad Nur Hayid MM.

Ustaz Nur Hayid, saat memberikan materi, menyatakan, “Nurul Falah menjadi yayasan pertama se-Indonesia yang memiliki lisensi guru Al-Qur’an.”

Lewat LSP, metode tilawati bisa memberikan sertifikasi kompetensi resmi dari negara. Guru Al-Qur’an yang telah melewati standar tahsih dan tahfidz lah yang ditetapkan.

Ustaz Nur Hayid juga menekankan urgensi sertifikasi kompetensi. “Dalam membaca Al-Qur’an, kita harus memiliki sandaran sanad. Standar dalam membaca, memahami, dan mengajar Al-Qur’an.”

Ustaz Nur Hayid mengungkapkan, orang yang menghafal Qur’an mendapatkan gelar Al Hafidzul Qur’an atau ‘mereka yang bertugas menjaga Al-Qur’an’ karena Al-Qur’an memang harus dijaga dan dipelihara.

Para peserta rakernas sangat antusias dan bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan Ustaz Nur Hayid. Mereka merasakan Rakernas Tilawati 2024 memberikan banyak manfaat dan ilmu mengenai sertifikasi guru Al-Qur’an yang sangat berharga untuk kemajuan pendidikan Islam di Indonesia.

Facebook Comments

Comments are closed.