5 Jenis Manusia Ini Bisa Jadi Kunci Sukses

Oleh: Esti D. Purwitasari SPsi MM

mepnews.id – Hari gini, kita nggak mungkin bekerja sendiri untuk meraih sukses. Kita perlu kolaborasi, perlu saling bergandengan untuk mendapatkan dukungan profesional. Bahkan, mendapatkan dukungan dari orang lain itu sangat penting bagi kemajuan karier Anda sebagai pemimpin di bidang apa saja.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan orang-orang yang tepat agar Anda bisa meningkatkan karir profesional dan mendapat nasihat atau pelatihan tepat waktu. Bersama jejaring orang yang tepat, Anda dapat membuat keputusan dengan percaya diri dan bisa menjaga kesehatan mental saat dalam tekanan tanggung jawab kepemimpinan.

Siapa saja orang-orang yang Anda perlukan dalam jaringan profesional untuk membantu karir Anda menjadi pemimpin yang efektif? Rachel Wells, pendiri sekaligus CEO Rachel Wells Coaching di London yang memberi pelatihan karier dan kepemimpinan bagi profesional milenial, memberikan tips di Forbes.com;

  • Mentor

Mentor adalah orang yang pernah dan bisa melakukan sesuatu. Misalnya, ia berpengalaman dalam kepemimpinan dan manajemen, serta pernah melakukan kesalahan dan sudah belajar dari kesalahan tersebut.

Sebagai profesional berpengalaman, mentor dapat memandu Anda dalam pengembangan profesional, menunjukkan seluk-beluknya, berbagi kendala yang harus dihindari, dan menceritakan sisi lucu pengalamannya sendiri sambil memungkinkan Anda menceritakan pengalaman Anda sendiri tanpa rasa takut dihakimi atau mengganggu karier dan reputasi.

Anda harus mencari seseorang yang dapat memberi pandangan lebih obyektif terhadap pekerjaan Anda.

  • Coach

Coach ini orang yang mengetahui banyak hal tentang perjalanan karir. Wawasannya luas dan detail. Tugasnya memang melatih dan mendampingi siapa saja yang jadi kliennya; termasuk Anda.

Memiliki coach di jaringan bisnis Anda sangatlah penting, terutama jika Anda serius dalam mencapai tujuan pengembangan diri. Coach yang ahli ini akan memandu dan memberdayakan Anda untuk membuat rencana tindakan, mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan, dan memberi Anda panduan terstruktur sesuai kebutuhan spesifik Anda.

  • Rekan terpercaya

Rekan-rekan terpercaya dalam industri yang sama bisa menghasilkan koneksi profesional yang baik. Anda dapat bertukar praktik dan ide terbaik satu sama lain, dan mendapatkan perspektif unik yang segar mengenai ruang lingkup pekerjaan Anda.

Jejaring dengan rekan terpercaya dalam industri yang sama akan membantu Anda menjadi lebih efisien sebagai pemimpin, dan bahkan dapat membuka peluang kolaborasi dan kemitraan strategis yang dapat berdampak besar pada hasil positif setiap proyek yang Anda kelola.

  • Pembawa gelombang pemikiran

Ini adalah seseorang yang telah membangun merek pribadi yang luas dalam domainnya. Ia dihormati dan dipercaya oleh rekan-rekan dalam jaringan Anda.

Maka, terhubung dengan orang-orang semacam ini dan mengikuti wawasan mereka akan membantu Anda terus mengikuti perkembangan tren, kebijakan, dan ide baru.

Ini berpotensi memposisikan Anda sebagai pemimpin pemikiran di masa depan.

  • Talenta yang sedang muncul

Untuk menjaga keterampilan kepemimpinan Anda tetap segar dan tangkas, masukkan talenta-talenta muda baru ke dalam jejaring bisnis Anda. Misalnya, libatkan kalangan Gen Z.

Perspektif mereka yang beragam dapat membantu Anda menantang cara berpikir usang yang sudah ketinggalan zaman. Dengan perspektif baru, Anda bisa menjadi lebih efektif dalam memimpin tim yang beragam dengan individu-individu dari berbagai kelompok usia dan latar belakang.

Melibatkan talenta muda memungkinkan Anda tetap mengikuti tren dan menjadi yang terdepan dalam inovasi industri.

……

Nah, pembaca yang budiman, membina hubungan baik dengan lima jenis manusia di atas dalam jejaring bisnis akan sangat membantu Anda dalam berbagai urusan. Orang-orang ini bisa menjadi tempat belajar, bertanya, dan bahkan bermitra langsung untuk menumbuhkan karir kepemimpinan Anda.

Facebook Comments

Comments are closed.