Siswa JAC ‘Kuliah’ DNA Sequencing di Ubaya

mepnews.id – Puluhan siswa SMA JAC School Surabaya berkesempatan mengikuti kuliah untuk mempelajari rangkaian proses DNA Sequencing di Kampus II Universitas Surabaya, Tenggilis, Senin 13 November 2023.

Dipaparkan situs resmi ubaya.ac.id, sequencing memiliki peran penting dalam memetakan rantai DNA. Ini disebut proses atau teknik penentuan urutan basa nukleotida pada molekul DNA.

Dalam kuliah untuk Fakultas Teknobiologi ini, materi dibawakan langsung Dr Mariana Wahjudi selaku dosen sekaligus Ketua Laboratorium Purifikasi dan Biologi Molekuler.

Para siswa berseragam itu sit in layaknya mahasiswa. Mereka antusias menerima materi, dengan aktif berinteraksi dalam diskusi yang dipandu Mariana. Tidak hanya teori, mereka mendapat kesempatan praktik digital secara online terkait bagaimana data DNA diurutkan dalam proses sequencing.

Naomi, siswa kelas 12 IPA, mengaku belajar banyak hal baru yang belum pernah didapat sebelumnya. Menurutnya, perbedaan materi dan metode pengajaran antara SMA dan perguruan tinggi cukup terasa.

“Kegiatan ini membuat kami merasakan pengalaman dan gambaran terkait studi lanjut di perguruan tinggi. Kami senang dapat ilmu baru. Penyampaian materi dari Ibu Mariana sangat jelas sehingga mudah dimengerti,” ungkap Naomi.

Mewakili para siswa, Naomi berharap Ibu Mariana dapat terus mengajar dan menyalurkan ilmunya kepada banyak orang. “Kalau ada yang berkunjung ke Ubaya lagi, akan semakin banyak orang yang paham tentang bioteknologi,” ujar Naomi. (sin/sin)

Facebook Comments

Comments are closed.