Penggalang SMP Tunas Agro ikuti KBP Kwaran Pramuka Seruyan

mepnews.id – Menindaklanjuti program kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Seruyan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, kwartir ranting gerakan Pramuka Kecamatan Seruyan Raya menggelar upacara pembukaan KBP (Kemah Besar Pramuka) ke-VII  Kecamatan Seruyan Raya.

KBP berlangsung di halaman Kantor Desa Terawan, lapangan sepakbola Desa Terawan, di Kecamatan Seruyan Raya pada 14-16 Oktober 2022. Acara diikuti 25 sekolah dengan Pramuka dari tingkat penggalang dan penegak.

Turut hadir saat upacara pembukaan di antaranya Ketua Kwaran Kecamatan Seruyan Raya, Kepala Desa Terawan, Unsur Pemcam Seruyan Raya, para pembina masing-masing gugus depan, organisasi Batamad Terawan, dan seluruh peserta upacara.

Kegiatan dibuka Mabicam (Majelis Pembimbing Cabang) Kabupaten Seruyan yang juga Bupati Seruyan, Yulhaidir.

Dalam sambutan dan arahannya, Yulhaidir mengapresiasi kegiatan ini karena memiliki hal positif dan peran sangat strategis bagi Pramuka Penggalang SD, Penggalang SMP dan Penegak, serta bagi generasi muda pada umumnya.

“Kegiatan semacam ini bisa memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan yang menjadi simpul pengikat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa pengabdian yang sangat tinggi dan luhur sebagai anggota pramuka maupun sebagai bangsa Indonesia,” kata Yulhaidir.

Kepala SMP Tunas Agro, Muhamad Iman Firmansyah SPd,  saat melepas kontingen Gudep SMP Tunas Agro, menghimbau kepada adik-adik Pramuka Penggalang SMP Tunas Agro untuk dapat melaksanakan kegiatan dengan gembira tetapi penuh dedikasi, disiplin, tanggung jawab dan bersungguh-sungguh.

Ia menambahkan, para peserta kemah diharapkan mengikuti semua arahan dan perintah yang disampaikan Pembina.

“Perkemahan ini tentu menguras tenaga juga pikiran. Maka dari itu, manfaatkan waktu istirahat yang diberikan. Laksanakan sesuai dengan yang diperintahkan,” harap salah satu Kaka Pembina Pramuka SMP Tunas Agro, Chandra W. Rachman SPd.

Pramuka Penggalang SMP Tunas Agro bersama Ketua Mabicam-sekaligus Bupati Seruyan, Yulhaidir.

Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter anggota Pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab, memiliki rasa peduli terhadap masyarakat, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan. Lemah besar ini juga jadi ajang temu bagi Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak se-Kwartir Ranting Kecamatan Seruyan Raya.

Dalam KBP, ada berbagai kegiatan lomba antara lain dan kerapian tenda, LKBB, senam, yel-yel, dan pentas seni. (Nopiar Rahman)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Comments are closed.