Menurut Peneliti Google, Komputer Mulai Belajar Seperti Manusia

MEPNews.id – Entah kelak bagaimana persaingan eksistensi antara manusia dengan komputer di masa datang. Saat ini saja, para peneliti Google telah mengembangkan metode untuk melatih komputer ‘artificial intelligence’ (AI) alias ‘kecerdasan buatan’ untuk bisa belajar seperti manusia.

“Ketika tugas baru diperkenalkan, adaptasi baru segera menulis-ulang pengetahuan yang telah ditulis jaringan neural sebelumnya,” begitu diungkap dalam blog tim DeepMind Google yang dikutip Solange Renyer untuk newsmax edisi 15 Maret 2017. “Dalam ilmu kognitif, ini dikenal sebagai ‘catastrophic forgetting,’ yang dianggap sebagai salah satu keterbatasan mendasar dari jaringan neural.”

Terkait itu, para peneliti Google mengungkap kemampuan komputer untuk mempelajari tugas-tugas ini ditata secara berurutan atau secara linear dengan mengikuti serangkaian langkah-langkah tertentu. “Ini perkembangan yang sangat penting untuk kecerdasan buatan.”

Dalam karya yang sudah diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America pada Februari, mereka mengajari komputer untuk mengingat tugas lama dengan secara selektif memperlambat pembelajaran pada bobot pentingnya tugas-tugas mereka.

Google terus melakukan berbagai gerakan ke depan terkait kecerdasan buatan padateknologi komputer. Pada November, sistem Neural Machine Translation milik Google bisa mengajari diri sendiri tentang bahasa baru.

Perusahaan itu, seperti raksasa teknologi lain misalnya Facebook dan Microsoft, telah melakukan perburuan agresif atas kecerdasan buatan agar menguntungkan mereka di masa datang. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.