Citizen

Di Sekolah Bunda Kayak Malaikat, tapi di Rumah?

MEPNews.id —– “Bunda, tahukah bunda aku bingung dengan bunda, bunda selalu berubah-ubah, bunda seperti mempunyai kepribadian ganda, terkadang aku bingung harus ngapain..aku bingung mana yang benar dan mana yang salah,” ungkap lugu seorang anak pada ibunya. “Bunda…sebenarnya aku senang dan bermimpi seperti teman-temanku di sekolah punya bunda seperti bunda, itu impianku dan teman-teman di sekolah..Bunda

Read More

Aduh Susahnya Kalau Disuruh Mandi

MEPNews.id — “Anakku itu bu, kalo disuruh mandi susahnya minta ampun, yang nanti lah, udah mandi tadi lah, ada aja alasannya, apalagi pas liat kartun ipin upin…ujung-ujungnya saya emosi bu, nangislah dia” curhat bu puah saat kelas parenting. Mendisiplinkan anak di atas usia empat tahun memang tidak lah mudah, karena pada usia ini anak berada

Read More

Manajemen Diri Kuncinya Disiplin Waktu

MEPNews.id —- Perputaran waktu yang kita alami dari pagi, siang, sore, malam kembali pagi lagi tentulah bukan sebuah kebetulan tanpa ada perencanaan, semua berproses sesuai dengan sunah-Nya. Itulah konsep pengaturan yang telah direncanakn Allah sebagai pengajaran kepada kita. Demikian pula dalam mengatur diri, yang sudah dipercaya sepenuhnya menjadi seorang kholifah. Menurut saya ada beberapa hal

Read More

Cerdas dalam Berkomunikasi di Sosial Media

MEPNews.id — Memang saya akui, bahwa saya belum pernah membaca etika berbahasa tulis di sosial media atau pesan elektronik lainnya. Namun, saya menilai dan membuat pemahaman sendiri bahwa menulis kata di sosial media dan apapun sejenis tulisan elektronik tetap ada etika yang mengesankan memeliki etika baik dalam berkomunikasi. Dalam konteks ini saya menilai bahwa tidak

Read More

Perilaku Anak di Era Digital… Ayo Kita Cermati

MEPNews.id —-Seiring dengan perkembangan zaman, semua informasi dapat di akses dengan mudah, hanya klik satu kali di mbah google, semua informasi yang kita butuhkan akan muncul semua. Kalau dulu, mau akses internet harus datang ke kota, dan cari warnet, tapi sekarang tidak perlu lagi jauh jauh datang ke kota. Cukup punya uang satu jutaan, kita

Read More

Ketentraman Hati Guru Ngaji

MEPNews.id —- Guru ngaji tak berbayar tapi membuat hati tentram. Tak diribetkan dengan banyak administrasi dan laporan-laporan.  Karena jauh dari kata bantuan. Laporan hanya disampaikan kepada orang tua tentang perkembangan dan kemajuan anaknya mengaji disetiap 6 bulan sekali. Melihat sang santri yang dulunya buta huruf hijaiyah menjadi bisa mengaji adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi sang

Read More

Sekolah Gratis tak Seindah Kalimatnya

MEPNews.id —  Siapa sih yang tidak suka digratisin, mendengarnya aja sudah seneng apalagi dapat gratisan beneran. Gratis memang menyenangkan sih dapat sesuatu tanpa berkorban, orang mana yang tidak suka. Namun sesuatu yang gratis juga tak selalu enak dan suka, contohnya, kita digratisin jalan-jalan naik mobil pula, seneng sih..tapi kalau ada yang nggak nyenengin gimana, mau

Read More

Membangun Komunikasi dengan Bermain

MEPNews.id —- Komunikasi memiliki makna yang beragam, bisa diartikan ngobrol, memberikan penjelasan dari sebuah pertanyaan,  menerima pesan,  menjalin hubungan antara dua orang atau lebih yang akan menghasilkan kebaikan/keburukan. Tehnik berkomunikasi menurut saya ada beberapa hal : Pertama, melihat karakter orang yg diajak komunikasi. Kedua, memperhatikan situasi dan kondisi Ketiga, melihat siapa yang kita hadapi ;orang

Read More

Pemimpin Harus Rela Jadi “Pijakan” Kesuksesan Anak Buahnya

MEPnews.id —- Menilai pemimpin tergantung kita menilainya dengan kacamata apa, apabila kacamata yang kita pakai berwarna hitam ya hitamlah dia, warna bening ya terlihat semua. Akhir-akhir ini banyak kursi kepemimpinan yang diperebutkan, padahal menjadi seorang pemimpin itu tidak lah mudah. Dan pemimpin itu tidak bergantung dimana posisi dia duduk, akan tetapi secara tidak langsung didaulat

Read More

Kelabakan Karena SPJ BOP, Guru Paud Kuatir Telantarkan Anak Didik

MEPNews.id — Dalam mengelola lembaga sejuk manakah yang dapat bantuan dengan yang tidak dapat bantuan? BOP (Bantuan Operasional Penyelenggaraan) Paud mungkin sebagian besar lembaga sangat mengharapkan karena bisa membantu operasional lembaga, baik untuk anak didik maupun pendidiknya. Tapi ketika kita kesulitan membuat laporan pertanggungjawaban yg disebabkan karena permintaan syarat dalam pembuatan LPJ yg sering berubah-ubah

Read More