Rata-rata Orang Bisa Mengingat 5.000 Wajah

MEPNews.id – Rata-rata orang dapat mengingat sekitar 5.000 wajah. Ini termasuk wajah orang-orang yang dikenali dari kehidupan sehari-hari, serta wajah selebritis dan orang-orang terkenal lainnya. Yang hebat, bisa ingat sampai 10 ribu wajah. Colin Fernandez, koresponden The Daily Mail, 10 Oktober 2018, mengabarkan data ini didapat dari penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Royal Society Proceedings.

Peneliti dari University of York di Inggris melakukan tes pada 25 mahasiswa. Para responden ini diminta dalam satu jam mengingat berapa banyak wajah yang tergambarkan dengan jelas dalam pikiran mereka. Wajah-wajah ini dari kehidupan pribadi termasuk yang namanya mungkin tidak mereka kenali tetapi wajahnya mereka ingat, misalnya ‘pengurus sekolah’.

Responden kemudian diminta melakukan hal yang sama untuk wajah-wajah terkenal, antara lain aktor, politisi, dan figur publik lainnya. Mereka juga diperlihatkan ribuan foto orang-orang terkenal dan ditanya mana yang mereka kenali. Untuk memastikan konsistensi, mereka diharuskan mengenali dua foto yang berbeda dari setiap orang.

Rata-rata, resonden dalam satu jam bisa mengingat 362 wajah yang dikenal secara pribadi, dan mengenali rata-rata 290 wajah orang terkenal. Dengan mengekstrapolasi dari data atas dasar bahwa responden tahu lebih banyak wajah daripada yang dapat mereka ingat dalam satu jam, para peneliti sampai pada angka rata-rata 5.000. Responden dengan daya ingat terendah bisa mengenali sekitar 1.000 wajah, dan yang terbaik bisa mengingat 10.000 wajah.

“Kemampuan membedakan individu berbeda itu jelas penting. Ini memungkinkan kita melacak perilaku orang dari waktu ke waktu, dan untuk mengubah perilaku kita sendiri,” kata Dr Rob Jenkins, dari Departemen Psikologi di University of York. “Penelitian kami berfokus pada jumlah wajah yang benar-benar diketahui. Kami belum menemukan batasan pada berapa banyak wajah yang dapat ditangani otak.”

Dalam penelitian, para responden merasa lebih mudah mengingat banyak wajah pada awalnya. Kemudian, mereka lebih sulit mengingat wajah-wajah baru pada akhir jam eksperimen. Perubahan kecepatan itu memungkinkan para peneliti memperkirakan kapan orang tak mampu lagi mengingat wajah sepenuhnya.

Dr. Jenkins menambahkan, “Perbedaan ini dapat dijelaskan karena beberapa orang memiliki bakat alami untuk mengingat wajah. Ada perbedaan dalam seberapa banyak perhatian yang diberikan orang terhadap wajah, dan seberapa efisien mereka memproses informasi. Atau, ini bisa mencerminkan lingkungan sosial berbeda. Beberapa responden mungkin tumbuh di tempat-tempat yang lebih padat penduduk sehingga lebih banyak masukan sosial.”

Usia rata-rata peserta studi adalah 24 tahun. Menurut para peneliti, usia memberikan jalan yang menarik untuk penelitian lebih lanjut. “Akan menarik untuk melihat apakah ada usia puncak untuk jumlah wajah yang kita kenal. Mungkin kita mengumpulkan wajah sepanjang hidup, atau mungkin kita mulai melupakan beberapa setelah kita mencapai usia tertentu.”

Facebook Comments

POST A COMMENT.