Memandikan Bayi Syar’i

MEPNews.id – Bunda, judulnya saya ikut trend jargon syar’i ya?

Begini Bunda, sepanjang yang saya ketahui, memandikan bayi itu pasti menggunakan bak mandi dengan genangan air yang cukup untuk menaruh badan bayi. Bayi diletakkan sedemikian rupa sekiranya aman baginya untuk dimandikan. Tulisan ini saya menggeneralisir dari kebanyakan warga masyarakat ya, Bunda.

Bunda- bunda juga pasti tahu, bahwa air dalam bak mandi bayi itu akhirnya akan bercampur dengan sabun mandi dan ompol/ air kencing bayi juga ya? Otomatis nih, namanya juga air, bayipun merasa segar usai dimandikan, namun air buat memandikan tadi sudah tidak bersih lagi, kan sudah kena air sabunnya si bayi juga ompolnya.

Nah, biar benar benar badannya bersih dan suci, bebas dari najis ( kotoran yang keluar dari kubul dan dubur) kita guyur badannya dengan air bersih lainnya. Kita bisa sediakan di wadah lainnya misalnya ditaruh di ceret/ teko. Jangan lupa mengguyurya pelan- pelan saja, agar air bekas mandi tadi tidak memercik ke badan bayi, kalau memungkinkan sediakan saja wadah kosong lain untuk menampung air guyuran dari ceret tersebut.
Setelah diguyur, barulah bayi kita handuki.

Agak ribet ya? Kan ada ayahnya, memandikan berdua semakin membuat anak aman karena sentuhan tangan orang tua bagian komunikasi yang menandakan kasih sayangnya.

Mari kita biasakan kepada anak anak kita mengenal kebersihan dan kesucian kondisi badan sejak dini.

Astatik Bestari ( Ketua PKBM BESTARI Jombang)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.