Begini Rahasia Meningkatkan Hubungan Anda

MEPNews.id – Seberapa banyak Anda sudah menghargai pasangan?

Cukup dengan menghargai poin-poin baik pada pasangan, betapa pun sederhananya, maka Anda sudah bisa meningkatkan hubungan itu.

Orang-orang yang memahami upaya pasangan untuk lebih sabar dan penuh kasih bakal memiliki hubungan lebih bahagia dan lebih aman. Di sisi lain, orang-orang yang keburu yakin pasangannya tidak dapat berubah bakal memiliki hubungan lebih buruk. Bahkan, saat pasangan melakukan upaya nyata untuk melakukan yang lebih baik, hubungan itu sudah terlanjur memburuk. Maka, triknya adalah meyakinkan diri sendiri lebih dulu bahwa perubahan upaya pasangan itu mungkin terjadi dan menghargai setiap langkah ke arah yang benar meski masih kecil.

Kesimpulan berasal dari studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin edisi 25 Agustus 2011 dengan judul ‘Why Do(n’t) Your Partner’s Efforts at Self-Improvement Make You Happy? An Implicit Theories Perspective.’

Penelitian oleh Dr Chin Ming Hui, Dr Michael Harris Bond, dan Dr Daniel C. Molden ini mengkaji bagaimana seseorang menilai pasangannya berusaha memperbaiki hubungan. Apakah, misalnya, mereka berusaha menjadi pendengar yang lebih baik atau mencoba dan menunjukkan lebih banyak pemahaman?

Setelah eksperimen tiga bulan, para psikolog terapan ini menilai lagi hubungan para peserta penelitian. Hasilnya menunjukkan, orang-orang yang menghargai upaya pasangannya berubah terbukti lebih bahagia dengan hubungan mereka. Di sisi lain, bahkan upaya tulus untuk memperbaiki hubungan bakal sia-sia jika tidak dihargai.

Dr Molden mengungkapkan, “Rahasia untuk membangun hubungan bahagia adalah merangkul gagasan bahwa pasangan Anda dapat berubah, memberinya penghargaan untuk membuat upaya perubahan, dan tidak buru-buru menyalahkannya karena tidak berusaha cukup keras.”

Ditambahkan, “Jika Anda buru-buru tidak percaya bahwa pasangan Anda mampu mengubah karakteristik fundamentalnya, bahkan ketika dia bekerja keras untuk mencoba meningkatkan hubungan, maka Anda benar-benar dapat menghentikan upayanya ini.”

Memang ada, dan bahkan banyak, orang dalam hubungan tertentu sudah keburu bersikap kurang percaya tentang upaya pasangan betapapun kerasnya mereka berusaha. Nah, jangan biarkan itu terjadi pada Anda.

Dr Chin mengatakan: “Kebanyakan dari kita cenderung kurang menghargai upaya pasangan untuk meningkatkan hubungan. Salah satu penyebabnya adalah hanya karena kita tidak memiliki cukup keyakinan dalam upaya tersebut. Padahal, ketika kita melihat upaya tersebut sudah dalam cahaya yang positif, maka kita dapat menikmati hubungan lebih banyak lagi.”

Facebook Comments

POST A COMMENT.