Kedubes RI di Jepang Undang Seminar Kampuh Welding Indonesia

MEPNews.id —- Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memerlukan berbagai industry untuk mendukung perekonomian secara terpadu dan menyeluruh yang bisa meningkatkan produksi di berbagai Hal ini disampaikan saat menjadi narasumber pada seminari di kedubes RI di Tokyo Jepang (19/9) yang dihadiri oleh perusahaan perkapalan, kontruksi, otomotiv dll.

Moh Munir Direktur Kampuh Welding Indonesia mengatakan: Salah satu yang menjadi kekuatan perekonomian ini adalah tersedianya galangan kapal yang bisa menunjang transportasi laut berjalan dengan lancer. Kondisi Saat ini di Indonesia terdapat 250 galangan kapal yang tersebar di berbagai provinsi. Industri ini membutuhkan tenaga welder professional untuk kebutuhan galangan kapal, kontruksi dan alat berat.

“Dengan dukungan welder profesional ini, sampai tahun 2017 telah menyelesaikan 5609 unit, naik dari tahun 2016 sebanyak 3.678 unnit. Pada tahun 2018 telah tercapai pekerjaan sebesar 1.684 unit dan telah melebihi target yang ditentukan”

Kebutuhan welder yang begitu besar uuntuk keperluan berbagai macam industry di Indoesia dilakukan pendidikan untuk welder berupa pusat pendidikan dan pelatihan milik pemerintah yang tersebar di seluruh provinsi berjumlah 303 yang dapat menampung 26.955 orang. Disamping itu ada 123 pendidikan dan pelatihan yang dikelola oleh swasta berjumlah 123 yang dapat menampung 14.644 orang.

“Jumlah sekolah menengah kejuruan di Indonesia 14.148 dengan jumlah siswa 4.867.690 dan 283,260 guru yang dapat menunjang keberhasilan penyiapan welder di masa yang akan dating melalui training welder sesuai kebutuhan industry. Salah satu lembaga pendidikan swasta yang dapat menyiapkan lulusan welder professional adalah PT Kampuh Welding Indonesia.” Tambahnya lagi.

PT Kampuh Welding Indonesia berdiri pada pada 26 Mei 2015 di Surabaya Kampuh Welding Indonesia dibangun dan dipimipin oleh Personil yang berpengalaman dibidang produksi / welding digalangan kapal terbesar di Indonesia selama lebih dari 25 tahun dan didukung oleh karyawan – karyawan yang berorientasi dalam memajukan industri maritim di Indonesia. Kampuh Welding Indonesia berkomitmen untuk menjadi tempat pendidikan dan pelatihan sekaligus Tempat Uji Kompetensi (TUK) paling unggul dalam Mencetak Welder Profesional Untuk Indonesia Bersertifikat Nasional dan Internasional.

“Kurikulum pembelajaran disusun dengan baik antara teori dan praktek agar siswa menguasai teori dn praktek agar ketika lulus dapat mengikuti uji sertifikasi las nasional dan international.
Salah satu hal yang melatarbelakangi pendirian Kampuh Welding Indonesia adalah bahwa masih banyak pemuda produktif yang tidak bisa berinovasi karena keterbatasan lapangan kerja, pendidikan, skill dan modal. Karena itu kami mencoba untuk meresponnya dengan mengadakan kegiatan Welding School. Karena secara faktual infrastruktur pembangunan fisik suatu negara semakin banyak yang menggunakan aplikasi pengelasan dan banyak fasilitas yang menggunakan teknologi pengelasan. Selain itu, kebutuhan untuk juru las (welder) yang sangat tinggi, yang dituntut harus mempunyai kompetensi sesuai dengan serapan industri, baik itu kompetensi berlevel nasional maupun internasional.” Tambahnya lagi.

Kampuh Welding Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa galangan kapal dalam negeri dan luar negeri serta beberapa perusahaan sektor industri konstruksi tentang peningkatan dan penyediaan SDM bidang welding. Dan telah mendapat kepercayaan dari Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada Program Diklat 3 in 1 Bidang Pengelasan Kapal dan Heavy Industry pada tahun 2015. Sarana prasarana penunjang pembelajaran yang lengkap menjadi kebutuhan mendasar bagi siswa menguasai skill las yang baik, untuk itu telah disediakan sarana prasarana lengkap 85 booth dengan kapasitas 170 orang di Surabaya dan 75 booth 120 orang di Cikarang.

“Kami Sebagai Corporate Member dari Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) atau Indonesian Welding Society (IWS) dan Ikatan Perusahaan Produsen Kapal & Sarana Lepas Pantai Indonesia (IPERINDO), Kampuh Welding Indonesia memiliki fasilitas yang lengkap, manajemen yang profesional dan instruktur-instruktur las yang handal dan berpengalaman kerja di luar negeri”.

Sampai saat ini Lulusan Kampuh Welding Indonesia yang sudah bekerja di berbagai perusahaan di Jepang 1135 orang, di Mitsui E&S & Shipbuilding. Co,.LTD. Tsuneishi Japan dan lainnya, pungkasnya. (Ssa)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.