5 Karakter Ini Milik Orang Sukses

Oleh: Teguh W. Utomo

Oleh: Teguh W. Utomo

MEPNews.id – Tidak ada kesuksesan yang datang tiba-tiba. Orang-orang sukses lebih mengandalkan mental kepribadian daripada dukungan dari luar dalam mencapai tujuan. Apa pun yang terjadi di luar sana, orang-orang sukses punya karakter untuk tetap berkomitmen pada pertumbuhan dan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Tidak ada rumus ajaib untuk mendorong Anda menuju kesuksesan. Tapi, ada beberapa hal yang dapat Anda pelajari dengan mengamati tipe orang-orang yang terus bergerak maju sepanjang waktu. Gretchen Hydo, motivator Any Lengths Life Coaching, mencatat lima ciri kepribadian orang-orang sukses yang Anda bisa pelajari dan tiru.

1. Tangguh

Ketangguhan adalah kemampuan untuk bangkit kembali ketika Anda baru saja tertahan atau terlempar dari medan. Ketika Anda mengalami kehilangan, kegagalan, rasa malu, atau kesulitan lainnya, maka ketangguhan bisa membantu Anda membersihkan diri, menguatkan mental, dan memulai kembali bahkan dari awal. Ini juga kemampuan untuk mengenali masalah dan melakukan hal-hal apa pun pun untuk perbaikan.

2. Berani

Ini berarti siap dan mau melakukan hal-hal yang Anda takutkan. Banyak hal kreatif dan berisiko yang membuat orang khawatir mengalami kegagalan. Tapi, ingat, khawatir lalu diam saja bukan berarti tanpa risiko. Menarik diri pun punya banyak risiko. Maka, berani mengambil tindakan adalah menghadapi risiko. Para pemimpin dan inovator selalu berani mengambil lompatan besar untuk menjadi luar biasa. Kalau toh terpaksa melangkah ke tepi yang normal atau standar, maka itu hanya strategi untuk melompat ke depan yang lebih jauh.

3. Baik

Praktikkan kebaikan setiap hari, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Orang-orang besar bisa melakukan kebenaran, tapi juga bisa melakukan kesalahan. Maka, hal yang baik adalah terus bertindak kebaikan berdasarkan nilai-nilai moral, sosial, dan ajaran agama. Jadilah ahli dalam hal berbuat kebaikan. Biarkan itu memandu Anda. Hiduplah Anda dengan kebaikan. Kalau toh banyak kekeliruan, semoga kebaikan itu bisa segera menutupinya.

4. Sabar

Orang yang sabar selalu percaya pada prosesnya. Ketika Anda punya tujuan, jangan lupa untuk menjalani prosesnya. Jangan bermimpi untuk langsung bisa mencapai tujuan tanpa menjalani prosesnya. Masalahnya, proses itu kadang bisa cepat atau lambat, kadang lancar atau terhambat, kadang gampang atau sulit. Orang sukses adalah yang cukup sabar pada menjalani proses tanpa memaksa-maksakan hasilnya. Menguasai kesabaran akan membawa Anda mendapatkan kedamaian di tengah situasi yang kacau dan tidak dapat diprediksi.

5. Disiplin

Ini adalah kemampuan Anda untuk terus melakukan hal-hal yang sulit hari ini untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan besok. Tetap lakukan, dan jangan kehilangan fokus atau visi Anda. Silakan ambil langkah kecil, boleh juga lakukan langkah besar, atau merangkak ketika memang harus, tapi tetap perhatikan tujuan dan lakukan terus apa yang Anda bisa untuk mencapainya.

Mengasah lima ciri kepribadian ini akan membantu Anda bernavigasi di antara ketidakpastian hidup, dan mengatasi rintangan yang Anda hadapi, sehingga Anda dapat mencapai tujuan. Itulah hal-hal yang dilakukan orang-orang paling sukses di dunia setiap hari. Di mana pun Anda berada dalam perjalanan, ingatlah untuk terus belajar dan terus maju!

Penulis adalah:
• Praktisi media, trainer motivasional, aktivis literasi
• Bisa ditengok di cilukbha@gmail.com, Facebook.com/teguh.w.utomo, Instagram.com@teguh_w_utomo

Facebook Comments

POST A COMMENT.