Kaum Ultra-Tajir Tinggal di Negara-negara Ini

MEPNews.id – Ratusan ribu orang di seluruh dunia pada 2017 mengalami kenaikan kekayaan bersih hingga melewati ambang batas untuk dianggap “tajir tingkat dewa.”

Yang disebut ‘ultra-tajir’ adalah orang-orang dengan kekayaan bersih lebih dari 30 juta dollar AS. Nah, menurut Wealth-X’s 2018 World Ultra Wealth Report, jumlah individu ultra-tajir ini tumbuh 13 persen tahun lalu menjadi 255.810 orang. Itu tingkat yang signifikan daripada pada 2016 jumlahnya hanya tumbuh 3,5 persen.

Laju akumulasi kekayaan tahun lalu itu dipercepat karena peningkatan ekonomi di seluruh dunia, kenaikan harga saham, dan lompatan pendapatan perusahaan. Menurut Wealth-X, tren ke atas itu diperkirakan berlanjut. Pada 2022, jumlah kaum ultra-tajir di seluruh dunia diperkirakan membengkak jadi 360.390 orang.

Di mana ada sekumpulan orang tajir, di situ juga ada pengunpulan konsentrasi ekonomi kaya. Brittany De Lea, dalam Fox Business edisi 19 September 2018, membuat daftar negara-negara dengan konsentrasi terbesar individu dengan katagori ultra-tajir.

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat sejauh ini memiliki jumlah terbesar orang-orang dengan kekayaan bersih lebih dari 30 juta dollar. Hampir 79.600 orang di negara ini menikmati status itu tahun lalu, dengan kekayaan kumulatif 9,8 triliun dollar. New York, Los Angeles, Chicago, San Francisco, dan Washington DC, menampung setengah dari daftar 10 kota global teratas dengan jumlah tertinggi orang-orang ultra-tajir. Ironisnya, menurut Wealth-X, Amerika Serikat diperkirakan mencatat pertumbuhan paling lambat dalam konsentrasi orang-orang ultra-kaya selama lima tahun ke depan.

2. Jepang
Jepang memiliki sekitar 17.900 orang ultra-tajir per tahun lalu, dengan lompatan 11 persen dari tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, orang-orang tajir ini memiliki kekayaan lebih dari 1,6 triliun dollar AS. Tokyo berada di urutan ketiga dan Osaka di urutan kesepuluh, dalam daftar kota dengan jumlah penduduk ultra-tajir terbanyak.

3. Cina
Konsentrasi orang ultra-tajir melonjak lebih dari 14 persen tahun lalu, menjadi 16.875 orang dengan total bernilai 2,4 triliun dollar. Kawasan Asia-Pasifik kemungkinan mengalami pertumbuhan terkuat dalam populasi ultra-tajir. Diperkirakan, ada peningkatan setiap tahun hingga lebih dari 8 persen dalam lima tahun ke depan. Menurut Wealth-X, Cina diperkirakan memimpin pertumbuhan di antara negara-negara di kawasan itu. Cina juga salah satu negara yang telah mengalami pertumbuhan terkuat dalam populasi ultra-tajir selama lima tahun terakhir.

4. Jerman
Ada kenaikan 12,3 persen orang dengan kekayaan bersih melebihi 30 juta dolar AS pada 2017. Total, Jerman memiliki lebih dari 15.000 individu ultra-tajir yang memiliki kekayaan kolektif 1,8 triliun dolar AS.

5. Kanada
Kanada mengalami peningkatan 14 persen jumlah orang yang sangat tajir pada 2017; menjadi 10.840 orang. Total, orang-orang ini memiliki kekayaan bersih 1,15 triliun dollar AS.

Mana lagi tempat tinggal orang-orang sangat kaya?
Prancis, Hongkong, Inggris, Swiss, dan Italia.

Facebook Comments

POST A COMMENT.