Ahli Diet Makan 5 Makanan Ini Tiap Hari

MEPNews.id – Apakah Anda mencoba mengontrol berat badan atau sekadar merawat diri lebih baik, diet sehat tetap sangat penting. Tetapi memilah dan memilih makanan paling berbudi bisa menjadi urusan rumit bagi Anda. Bagaimana bisa memastikan mendapatkan vitamin yang Anda butuhkan? Bagaimana kecukupan seratnya? Bagaimana mendapatkan nutrisi yang tepat untuk memperlambat penuaan atau menjaga sistem tubuh berjalan lancar?

Emily Cappiello, untuk PopSugar edisi 15 September 2018, mewawancarai Mascha Davis, MPH, RDN, ahli gizi bersertifikat dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Los Angeles. Mascha Davis menyarankan lima makanan untuk dimakan setidaknya sekali sepanjang hari. “Makanan-makanan ini meningkatkan berbagai aspek kesehatan dan memberi keseimbangan nutrisi. Saya memakannya setiap hari, dan Anda juga harus.”

Instagram@rinda_ardarini

Instagram@rinda_ardarini

1. Sayuran Hijau
“Sayuran berdaun hijau mengandung fitonutrien dan antioksidan, juga mengandung vitamin A, E, C, dan K. Vitamin-vitamin ini penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kulit bersinar,” kata Davis. Silakan makan mereka sebagai salad, atau pasta (cobalah bayam, mozzarella, dan tomat), atau tambahkan ke omelet atau smoothie untuk sarapan, bisa juga dimasak sebagai sayur.

Instagram@eny_andreastuti

Instagram@eny_andreastuti

2. Telur
“Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata,” kata Davis. Bahan sarapan pokok itu juga memberi nutrisi choline yakni neurotransmitter yang membantu mendukung otak dan sistem saraf. Cobalah makan telur rebus untuk camilan kaya protein, atau jadikan makanan utama.

Instagram@ikanlautbakarsanurjogja

Instagram@ikanlautbakarsanurjogja

3. Ikan
Hampir semua jenis ikan bermanfaat untuk kesehatan. “Ikan-ikan kecil dari perairan tawar dan dingin terutama tinggi asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B2. Juga ada nutrisi penting lainnya, termasuk selenium dan kalsium,” jelas Davis. Vitamin D sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium sebagai kunci tulang kuat. Ikan-ikan kecil juga cenderung lebih sedikit terkontaminasi merkuri daripada ikan-ikan lebih besar. Coba tambahkan ikan sarden dan makerel ke hidangan.

Instagram@cemilan_r

Instagram@cemilan_r

4. Kacang dan biji-bijian
“Kacang-kacangan dan biji-bijian, meski keras untuk dikunyah, kaya akan lemak dan antioksidan sehat,” kata Davis. Di dalamnya ada asam lemak omega-3, yang mendukung fungsi otak dan mencegah penyakit jantung. Kacang-kacangan dari bawah tanah dan biji-bijian di atas permukaan tanah juga sumber protein dan serat, yang dengan cepat menghilangkan lapar sekaligus membuat Anda kenyang lebih lama. Selalu siapkan di meja atau di mobil untuk camilan on-the-go.

Instagram@nutruskin

Instagram@nutruskin

5. Buah Prune
Buah prune biasa didapatkan di kawasan sub-tropik. Ada yang menyebutnya sebagai ‘buah kehidupan’. Penduduk kawasan Kaukasia yang dekat perbatasan benua Eropa dan Asia terbiasa makan buah ini dan umumnya pajang umur. “Prune itu relatif rendah kalori tetapi tinggi nutrisi, bahkan dapat membantu menurunkan kolesterol,” kata Davis. “Seratnya membantu pencernaan dan mengurangi risiko penyakit seperti diabetes. Antioksidannya membantu melawan zat berbahaya dan proses penuaan.”

Facebook Comments

POST A COMMENT.