Kapal dan Home Stay Gratis di Pulau Seribu

Oleh: Diana Aris

Oleh: Diana Aris

MEPNews.id – Liburan sekolah tahun 2018, saya dengan keluarga kecil dari Magetan berkunjung ke Jakarta. Niat awal kami silaturrahim ke saudara dan menengok keponakan tercinta yang baru lahir. Rumah demi rumah kami kunjungi hanya ingin silaturrahim dan meluapkan rasa kangen setahun. Biasanya saudara-saudara di Jakarta pulang kampung, tapi lebaran kemarin tidak ada yang pulang karena beberapa keadaan dan Allah memang belum mengizinkan.

Selesai berkeliling ke sanak saudara di Jakarta, kami melanjutkan perjalanan silaturrahim ke saudara di Tangerang. Subhanallah, rasa senang, haru dan linangan air mata tak tertahan lagi, ketika kami berkunjung ke perumahan tempat kami pernah tinggal. Para tetangga menyambut kami dengan hangat, bahkan ada yang meminta kami pindah lagi ke sana.

Yang membuat saya lebih terharu ketika ada tetangga yang bersegera pulang dari tempatnya berjualan demi bertemu saya, kemudian spontan memeluk dan berkata, “Tante…, aku kangen. Sering-sering main ke sini ateuh. Tante pindah lagi ke sini gih, biar ada yang ngajari anak-anak lagi.”

Saya pun tersenyum sambil berlinang air mata. Saya bahagia dan berterima kasih kepada Allah karena masih memberikan orang-orang yang menyayangi saya dengan tulus.

seribu 2Selesai silaturrahim ke perumahan, kami berkunjung ke rumah teman-teman yang dulu pernah bersama berjuang di salah satu sekolah dasar di Tigaraksa. SDIP Insan Robbani banyak memberi saya ilmu dan pengalaman hidup. Tak pelak, jeritan keras dan pelukan erat saya terima ketika berjumpa teman-teman seperjuangan. Kebahagiaan yang kami rasakan tidak dapat kami ungkapkan dengan kata-kata lagi.

Yang mengagetkan, dan tidak kami duga sama sekali, teman-teman mengajak saya ke Kepulauan Seribu. Mereka mengajakan dengan penuh harapan. Maka, melihat kebaikan dan ketulusan mereka, saya tidak bisa menolak.

Keesokan harinya, kami langsung berangkat beramai-ramai. Kami menuju Dermaga Kronjo di Tangerang pagi-pagi setelah subuh agar tidak tertinggal kapal. Ya, karena kapal dari Kronjo menuju Kepulauan Seribu hanya ada satu dalam sehari. Alhamdulillah, kami sampai di dermaga tepat waktu dan bisa naik ke atas kapal. Ongkos angkutan kapal pada kami murah yakni hanya Rp 25ribu dari yang seharusnya Rp40ribu. Konon, yang punya kapal adalah wali santri.

Sekitar tiga jam kami menyeberang ke tujuan, Pulau Harapan. Ketika menyeberang, kami tidak melewatkan kesempatan menikmati keindahan lautan lepas. Walau ada perasaan takut di tengah lautan, kami tetap menikmatinya.

Sesampai di Dermaga Pulau Harapan, kami menuju home stay untuk beristirahat sejenak, sholat, dan makan siang. Kami disambut ramah oleh pemilik home stay yang juga wali santri. Kami diberi harga diskon, hanya Rp 300ribu dari harga normal Rp 600ribu.

Dan, yang membuat saya terharu adalah saya gratis alias tidak perlu membayar untuk kapal dan home stay. Itu karena diam-diam ternyata teman-teman sudah iuran untuk membayari saya. “Ya Allah, sungguh nikmat kebahagiaan yang kau berikan kepadaku begitu besar tak sebanding dengan ibadahku padamu,” kataku dalam hati.

Selesai beristirahat, jadwal kami adalah ke Pulau Perak, Pulau Dolphin dan menikmati snorkeling di laut. Subhanallah, keindahan Pulau Perak dan Pulau Dolphin membuat kami takjub sehingga rasanya tidak ingin pulang. Lautnya yang biru, pasirnya yang putih, tanaman yang masih alami, membuat tempat ini tidak dapat kami lupakan.

Yang lebih membahagiakan, saya bisa menikmati bumi Allah yang begitu indah ini bersama orang-orang yang menyayangi saya dengan tulus, menerima saya apa adanya, dan selalu menjaga persahabatan agar tetap langgeng walau jarak memisahkan.

Saya teringat suatu; “Sahabat yang baik akan diberikan kepada mereka yang baik.” Ketika ingat nasihat itu, hati saya pun bertanya, “Ya Allah, termasuk orang baik kah saya? Apakah Engkau masih mau menganggap saya orang baik meski dosa-dosa saya menggunung.”

Wallahu A’lam Bishawab. Hanya Allah yang tahu karena Allah lah Sang Maha Penentu baik buruknya manusia.

Penulis adalah guru SD di Magetan

Facebook Comments

POST A COMMENT.