Bunda, Konsumsi Minyak Ikan Saat Hamil Ya…

MEPNews.id – Bunda, pengasuhan anak bisa dimulai sejak masa kehamilan. Nah, demi bayi yang lahir sehat dan balita yang kuat, cobalah mengkonsumsi minyak ikan saat Anda hamil. Kelak, anak akan memiliki lebih banyak otot dan tulang kuat saat usia dini. Anak juga cenderung lebih bebas alergi, terutama astma.

Ini ada dasar ilmiahnya. Alex Matthews-King, koresponden kesehatan untuk Independent edisi 9 September 2018, mengabarkan penelitian University of Copenhagen di Denmark menemukan wanita yang mengonsumsi pil asam lemak omega-3 setiap hari dari separo masa kehamilannya memiliki anak-anak dengan BMI (indeks massa tubuh) lebih tinggi pada usia enam tahun.

Penelitian dilakukan Rebecca Kofod Vinding, Jakob Stokholm, Astrid Sevelsted, Tobias Sejersen, Bo L Chawes, Klaus Bønnelykke, Jonathan Thorsen, Laura D Howe, Martin Krakauer, Hans Bisgaard. Hasil penelitian dimuat di British Medical Journal dengan judul ‘Effect of fish oil supplementation in pregnancy on bone, lean, and fat mass at six years: randomised clinical trial’.

Objek penelitian di Denmark adalah 736 wanita hamil dan anak-anak mereka dan secara acak. Separo dari mereka mengkonsumsi pil minyak ikan yang kaya omega-3, sebagian lainnya mengkonsumsi pil plasebo untuk kontrol. Eksperimen dilakukan antara minggu ke-24 masa kehamilan sampai satu minggu setelah kelahiran.

Hasil pemidaian X-ray mengungkapkan, anak-anak dari ibu yang mengonsumsi pil minyak ikan cenderung memiliki lebih sedikit lemak tak sehat, memiliki lebih banyak otot ramping, dan memiliki tulang lebih padat dibanding anak-anak yang ibunya mengonsumsi pil plasebo. Hasil tes juga menunjukkan anak-anak dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan cenderung tidak memiliki asma atau gejala pernapasan terkait.

Temuan itu menunjukkan suplemen minyak ikan merangsang pertumbuhan. Dalam minyak ikan cod terdapat lemak Omega-3 yakni kelompok molekul rantai panjang yang membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otak dan kesehatan sendi. Lemak esensial ini tidak dapat dibuat tubuh manusia sehingga perlu didapat dari makanan. Omega-3 sangat penting dalam perkembangan awal anak.

Penelitian di Denmark ini terutama untuk menilai tingkat alergi atsma. Peneliti menemukan penurunan 30 persen peluang anak kena astma dari kelompok ibu yang mengonsumsi minyak ikan. Namun, ada bonus hasil. Saat meneliti ukuran sekunder, anak-anak diamati setiap tahun dengan mengukur tinggi dan berat badan mereka serta pemeriksaan x-ray bagi komposisi tubuh pada usia 3,5 tahun dan enam tahun. Hasilnya, minyak ikan baik bagi pertumbuhan anak.

“Suplementasi minyak ikan dari minggu ke-24 kehamilan menyebabkan BMI lebih tinggi pada anak usia nol hingga enam tahun, dan tidak meningkatkan risiko obesitas pada usia enam tahun,” tulis para peneliti. “Komposisi tubuh usia enam tahun pada anak-anak yang ibunya mengonsumsi suplementasi minyak ikan ditandai dengan peningkatan proporsional massa otot ramping, tulang padat, dan lemak minim, yang menunjukkan efek merangsang pertumbuhan umum.”

Nah, tunggu apa lagi.

Facebook Comments

POST A COMMENT.