Langsung Tertidur dalam 2 Menit Cara Militer

MEPNews.id – Tidur itu penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi, ada banyak orang yang kurang tidur atau susah tidur. Ada orang yang sudah ditempatkan di kamar nyaman, kasur empuk, dan ada aromaterapi, tapi matanya buka-tutup-buka tak segera terpejam. Ada banyak hal yang menyebabkannya.

Nah, jika Anda ingin mengatasi masalah kurang tidur atau susah tidur, ada baiknya mempelajari metode cepat tertidur yang biasa dipakai para tentara. Metode yang biasa dipakai tentara Angkatan Darat Amerika Serikat bahkan bisa menidurkan Anda hanya dalam 120 detik.

Jonathan O`Callaghan, dalam IFL Science edisi 4 September 2018, mengungkapkan metode ini dari buku berjudul Relax and Win: Championship Performance yang ditulis loyd B. Winter pada 1981. Kisah ini lalu diambil penulis Sharon Ackman di Medium pada Juli 2018. Dalam kisah ini, para pembaca diajari cara bersantai dan bagaimana bisa tertidur dalam waktu dua menit. Ini biasa dilakukan militer Amerika Serikat.

“Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat mengembangkan metode ilmiah untuk jatuh tertidur –baik siang ataupun malam dan kondisi apa pun– dalam waktu kurang dari dua menit,” tulis Ackman. “Setelah enam minggu berlatih, 96 persen pilot bisa tertidur dalam dua menit atau kurang. Bahkan setelah minum kopi atau senapan mesin ditembakkan di latar belakang.”

Jadi bagaimana caranya?

Langkah pertama, kosongkan pikiran. Untuk melakukan ini, sebaiknya Anda mengendurkan semua otot wajah. Kemudian, lemaskan bahu dan rilekskan lengan. Tarik nafas lalu hembuskan pelan dan rilekskan rongga dada. Turun, hingga akhirnya rilekskan kaki. Urutkan seperti itu.

Berikutnya, dalam 10 detik, bersihkan pikiran dari segalanya. Berdoa. Lalu, bayangkan Anda tergeletak di ruangan gelap gulita di sofa nyaman. Jika agak susah tenang, ucapkan kata-kata sugesti untuk diri sendiri “Jangan berpikir” berulang-ulang sehingga Anda mengantuk. Tidurlah.

Ackman mengatakan, ini teknik yang sangat berguna bagi kalangan militer yang berada dalam skenario berbahaya, atau sedang menghadapi ngerinya perang. Ini perlu karena tubuh perlu mengistirahatkan diri seperlunya bahkan dalam kondisi genting.

Dalam sejumlah penelitian, tidur malam enam hingga sembilan jam dapat membantu menenangkan kondisi jantung. Sementara, penelitian lain menunjukkan efek kurang baik dapat terjadi pada tubuh akibat kurang tidur. Meski Anda tidak memahaminya sepenuhnya, yang pasti adalah tidur itu sangat berguna.

Jadi, jika Anda perlu mendapatkan tidur cepat (dan cepat bangun) saat bertugas, atau susah tidur saat di rumah, mengapa tidak mencoba teknik lama dari tentara Amerika Serikat ini? Jika teknik itu berhasil untuk pilot zaman Perang Dunia Kedua, maka itu mungkin juga bisa bekerja untuk Anda.

Facebook Comments

POST A COMMENT.