STIE Perbanas Gagas Pemanfaatan Hak Paten dan Cipta

MEPNews.id — Pada hari ini, Selasa (21/8), STIE perbanas Surabaya mengadakan seminar di Hotel Ibis Styles, Jemursari, Surabaya. Mereka mengundang Dr. Sadjugo, M.Sc., Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual Ristek, Direktorat Jenderal Ristek Dikti. Pembicara kedua Tri Rusty Meydrawati, SH., MH, dari Universitas Hangtua Surabaya.
Pada dasarnya, kekayaan alam Indonesia itu banyak. Namun, dalam hak paten dan cipta, masih dirasa belum sejajar dengan Negara-negara maju. Itu sebabnya, pembahasan ini sangat tepat. Banyak para undangan dari berbagai universitas dan juga para dosen internal STIE Perbanas Surabaya.
“Pendaftaran Hak Cipta sebagai kekayaan intelektual itu sangat penting. Itu sebabnya, semoga acara ini bisa memberikan kesadaran kita semua untuk meningkatkan inovasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berpotensi hak paten dan hak cipta.”Papar Dr. Lutfi, SE., M.Fin. Ketua STIE Perbanas dalam pembukaan acara ini.
Hak cipta sebagai kekayaan intelektual perlu didata dan dipatenkan. Kita harus mencatat dan mendaftarkan untuk memperoleh Hak Paten dan/ atau Hak Cipta.” Kekayaan dunia itu justru didominasi oleh kekayaan yang tak beruwujud. Kita harus terus meningkatkan produktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang bisa dipatenkan dan hak cipta.”Saran Dr. Sadjugo, M.Sc dalam ceramahnya.
Adapun pembicara kedua, Tri Rusti Meydrawati, SH., MH., memberikan kesadaran untuk mencatatkan semua kekayaan intelektual. “Para akademisi sebagai pelaku ilmuan harus giat terus melakukan inovasi dan temuan. Adapun Government sebagai pemerintah, sebagai pemberi perlindungan hukumnya.” Ajak Mei Trirusti Meidrawati kepada audiens. Pada dasarnya, kesadaran untuk mendaftarkan hak cipta dan paten sebagai kekayaan intelektual sangat diperlukan. (dwr)

Facebook Comments

POST A COMMENT.