Gempa Lombok; SGS Turut Salurkan Bantuan

lombok bangkitMEPNews.id – Turut berempati terhadap para korban bencana gempa di Lombok, keluarga besar Surabaya Grammar School (SGS) mengumpulkan dan menyalurkan sejumlah bantuan barang dan uang. Esti Diah Purwitasari, selaku kepala pre-school SGS, mengungkapkan pengiriman bantuan dilakukan dalam beberapa gelombang.

Gelombang kedua, terkumpul pakaian layak pakai, selimut, popok bayi, botol bayi, mie instan, susu, biskuit, beras, perlengkapan mandi, sabun dan deterjen, dan lain-lain. Sumbangan didapatkan dari para orangtua/wali murid, guru-guru, serta kolega lain. Barang-barang bantuan diangkut bus SGS untuk disalurkan lewat Posko Peduli Gempa Lombok, Pemerintah Kota Surabaya, pada 20 Agustus.

Esti mengatakan, “Ini bagian dari program tanggungjawab sosial ‘SGS – We Care.’ Awalnya cuma guru-guru yang menyumbang uang. Hasilnya kami salurkan dalam gelombang pertama 6 Agustus. Kemudian, para orang tua ikut berminat. Maka, kami membuka pos sumbangan gelombang kedua di gedung SD dan di gedung TK dan Playgroup. Ternyata sambutannya cukup antusias.”

sgs 3Maka, manajemen SGS memutuskan untuk membuka lagi pengumpulan sumbangan untuk gelombang berikutnya. Direncanakan, bantuan barang gelombang berikut beserta donasi uang disalurkan pada 29 Agustus.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban meninggal hingga 21 Agustus menjadi 515 jiwa sejak gempa 29 Juli 2018. “Rinciannya, 513 di Nusa Tenggara Barat dan 2 di Kota Denpasar Bali,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta.

sgs1Ribuan rumah, masjid, gedung, dan infrastruktur mengalami kerusakan akibat gempa. Total kerugian di Lombok, Bali, dan Sumbawa ditaksir mencapai Rp 7,7 triliun. Jumlah itu berdasarkan hitung cepat dari BNPB.

BNPB juga menyatakan, wilayah Lombok diguncang 1.185 gempa sejak 29 Juli hingga 21 Agustus 2018. Pada 19 Agustus, terjadi gempa magnitudo 6,5 pukul 12.06 Wita dan magnitudo 6,9 pukul 22.56 Wita. Gempa terbesar terjadi 5 Agustus dengan magnitude 7,0 yang menimbulkan kerusakan besar. Bencana diawali dengan gempa 29 Juli magnitudo 6,9. (*)

Facebook Comments

POST A COMMENT.