STIE Perbanas Bahas Continuous Assessment

FOTO: Para Peserta Workshop Dosen Internal Bahasa Inggris

MEPNews.id — Pada Senin (20/8), para dosen Bahasa Inggris mengadakan workshop tentang Assessment, Measurement, dan Evaluation. Materi ini digagas oleh Kepala Laboratorium Bahasa, Kartika Marta Budiana, S.Pd., M.Pd. Dia mengundang dosen tetap internal kampus STIE Perbanas Surabaya Dr. Drs. Djuwari, M.Hum sebagai penyaji lokakarya ini. Ini ditujukan agar semua tim dosen Bahasa Inggris memiliki kesamaan pandangan tentang proses belajar mengajar (PBM) secara komprehensif.
Di STIE Perbanas Surabaya, dalam Buku pedomannya, dituangkan juga salah satu konsep continuous assessment. Itu sebabnya, pemahaman konsep ini harus sama di antara para dosen Bahasa Inggris di lingkungan STIE Perbanas Surabaya. Pada dasarnya, jika setiap dosen memiliki konsep yang sama tentang pemahaman, pengertian, dan implementasi antara assessment dan evaluasi, serta konsep terkait dengan measurement, ini akan berdampak lebih baik terhadap kinerja PBM mahasiswa.
“Perlunya memahami konsep continuous assessment itu karena konsep ini merupakan salah satu proses evaluasi belajar mengajar yang konprehensif. Secara terus menerus kinerja akademik mahasiswa harus diukur, dipantau, dan dinilai apa benar sesuai dengan tujuan PBM? Jangan sampai mahasiswa tidak terpantau perkembangan kinerja akademiknya terutama Bahasa Inggris mereka” Ujar Djuwari di awal penyajian materinya.
Selanjutnya, Djuwari menjelaskan bahwa Evaluation itu lebih luas karena menyangkut berbagai faktor: dosen, materi, media pembelajaran, metode mengajar, bahkan sarana prasarana. Intinya, evluasi itu merupakan hasil akhir yang merefleksikan seluruh aspek PBM, termasuk aspek dosennya. Assessment itu proses pemerolehan informasi secara terus menerus terkait perkembangan kinejra belajar mahasiswa. Ini bisa diperoleh dari diskusi, presentasi, test formatif, tigas-tugas, dan bahkan cerita-cerita anekdot yang berkaitan dengan usaha pembelajaran mahasiswa.
Adapun measurement itu terkait alat untuk mengevaluasi. Alat untuk mengukur. Apa yang diukur itu harus sesuai dengan alatnya. Tujun belajar merupakan kunci untuk menentukan alat tesnya. Jadi, measurement itu alat ukurnya yang tepat untuk mencari informasi. Assessment itu proses mencari informasi dengan bermacam-macam alat. Adapun evaluasi itu lebih kompleks, mencakup semua aspek: mahasiswa, dosen, metode, materi, fasilitas, dan sebagainya. (mms)

Article Tags

Facebook Comments

POST A COMMENT.