20 Mahasiswa Internasional Kuliah Keanekaragaman Hayati Sumatera

MEPNews.id – Dua puluh mahasiswa dari Cina, Taiwan dan Malaysia, serta dari Indonesia (Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu) melakukan kuliah musim panas bersama tentang Keanekaragaman Hayati Ekosistem Tropis Sumatera. Kuliah singkat ini berlangsung di Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu pada 5 – 18 Agustus 2018.

Situs resmi unib.ac.id merinci, peserta dari Universitas Bengkulu 4 mahasiswa, Universitas Teknologi Ming Chi Taiwan 4 mahasiswa, Universitas Andalas 7 mahasiswa, Universitas Malaysia Kelantan 2 mahasiswa, dan Universitas Sun Yat-Sen di Cina 3 mahasiswa.

“Satu minggu kuliah singkat bersama di Universitas Andalas di Padang, peserta melanjutkan program ini di Universitas Bengkulu hingga 18 Agustus 2018,” ujar Ketua UPT Kerjasama dan Layanan Internasional Universitas Bengkulu, Yansen, PhD saat pembukaan acara di ruang rapat tiga gedung rektorat.

Tema kuliah bersama ini adalah “Menjelajah Keanekaragaman Tumbuhan dan Hewan dari Ekosistem Tropis di Sumatera.” Para peserta dipandu instruktur dari Universitas Bengkulu, Universitas Andalas dan Universitas Kyoto.

Kuliah singkat berskala internasional ini didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia melalui hibah pengembangan kapasitas Kantor Layanan Internasional Universitas. “Pada 2018, 11 kegiatan telah diberikan pendanaan, termasuk program ini,” papar Yansen.

Pembukaan acara di Bengkulu dihadiri Rektor Dr Ridwan Nurazi MSc, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Lizar Alfansi, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Dr Sigit Sutjatmiko, dan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Dr Ardilafiza, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Ir Akhmad Nezar, Kepala Biro Perencanaan, Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dra Proklampiati MM, serta para dekan dan wakil dekan.

Selama di Bengkulu, para peserta diajak menjelajah keanekaragaman tumbuhan dan hewan dengan mengunjungi Hutan Pendidikan di Kemumu, Bengkulu Utara, untuk melihat langsung rumah bagi bunga Rafflesia Arnoldi serta bunga bangkai Amarphophallus. Peserta juga menjelajah hutan mangrove di pesisir pantai Bengkulu, serta melihat permainan tradisional masyarakat dalam memeriahkan perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. (Hms1/Foto:Ngamarudin)

Facebook Comments

POST A COMMENT.