Gajah Punya Gen Khusus Tolak Kanker

MEPNews.id – Gajah adalah salah satu dari beberapa jenis hewan yang dapat menolak kanker. Nah, penelitian dilakukan untuk membantu memahami persis bagaimana gajah bisa begitu dan bagaimana mekanisme di gajah itu dapat membantu perjuangan manusia melawan kanker.

Evan Thomas dalam Newsy 14 Agustus 2018 mengabarkan, para ilmuwan di University of Chicago di Amerika Serikat mengidentifikasi gen spesifik yang disebut ‘LIF6.’ Satu set gen yang diwariskan dari zaman ekstra lama ini masih utuh. Fungsinya melindungi sel-sel gajah dari kanker.

Gen ini membunuh sel-sel dengan DNA rusak. Jika mendeteksi kerusakan pada DNA, LIF6 langsung aktif dan memecah mitokondria sel rusak itu hingga akhirnya mati. Sel yang mati tidak menularkan DNA buruk, sehingga kanker tidak menyebar.

Yang menarik, para peneliti menemukan LIF6 dapat dibuat bekerja pada hewan lain. Ketika peneliti menambahkan gen itu pada tikus yang kena kanker, ternyata sel-selnya mati sebelum kanker bisa menyebar. Itu membuat gajah menjanjikan subjek penelitian, bahkan di antara kawanan hewan yang secara alami punya kemampuan tolak kanker.

Kemampuan LIF6 ini tampaknya unik hanya pada gajah. Pada sebagian besar hewan lain, gen yang diperlukan tidak utuh. Para peneliti telah menyelidiki hiu, yang memiliki serangkaian pertahanan genetik berbeda untuk menolak kanker. Peneliti juga menemukan tikus-tikus mol menciptakan molekul di antara sel-sel mereka agar lebih fleksibel dalam terowongan bawah tanah sekaligus juga membuat mereka kebal kanker. Tetapi mekanisme yang melindungi hiu dan tikus mol cenderung membuat kanker lebih buruk pada manusia.

Sekarang, para peneliti ingin menguji LIF6 gajah dalam biologi manusia. Saat sudah alami berhasil pada gajah dan ternyata juga bekerja pada tikus di laboratoium, mungkin ada cara untuk membuat LIF6 berfungsi pada manusia. Setidaknya, ilmuwan bisa menduplikasi efek LIF6 ke dalam sel manusia.

Facebook Comments

POST A COMMENT.